Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kreativitas Datang dari Lingkungan Belajar yang Nyaman

Kompas.com - 12/12/2012, 18:17 WIB
Caroline Damanik

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Berkembangnya industri kreatif tergantung pada kreativitas sumber daya manusia yang dimiliki. Lulusan-lulusan yang kreatif diyakini bisa dihasilkan jika lingkungan pembelajaran mampu menghadirkan atmosfer yang menunjang munculnya kreativitas tersebut di tengah anak-anak didiknya.

Rektor Bina Nusantara University, Harjanto Prabowo, termasuk yang meyakini bahwa kreativitas muncul dari lingkungan yang nyaman di ruang belajar. Menurutnya, munculnya kreativitas harus didukung oleh atmosfer belajar yang nyaman.

"Jelas, lingkungan ada hubungannya dengan kreativitas anak-anak. Lingkungan yang nyaman dalam arti mendorong inspirasi. Ada danau, perpustakaan yang terbuka. (Ada anak-anak yang) pintar dan peduli pasti iya, tapi untuk kreatif kan butuh situasi yang mendukung," tuturnya di sela peletakan batu pertama gedung kampus utama Binus University di Alam Sutera, Tangerang, Banten, Rabu (12/12/2012).

Keyakinan ini muncul bukannya tanpa alasan. Menurut Harjanto, pengalaman menunjukkan bahwa lingkungan yang nyaman dan alami mendorong munculnya kreativitas dan komunikasi yang baik.

Keyakinan ini juga yang mendorong Binus University merencanakan pembangunan gedung berkonsep ramah lingkungan dengan kawasan yang nyaman sebagai kampus keenamnya. Kampus yang berlokasi di kawasan Alam Sutera itu akan dilengkapi sejumlah teknologi dan fasilitas hijau.

Gedung berlantai 21 yang diproyeksikan rampung pad atahun 2014 ini rencananya akan memanfaatkan sebanyak mungkin sinar matahari sehingga menghemat penggunaan listrik. Selain itu, gedung ini akan mengusung teknologi natural ventilation dimana udara akan bergerak dengan leluasa di seluruh lantainya.

Yang membuat Harjanto bahkan menanti, di kawasan seluas lima hektar ini akan dibuat danau buatan dengan taman hijau di sekelilingnya. Harjanto berharap, para mahasiswanya nanti bisa menemukan banyak inspirasi di tempat ini.

"Apalagi, nantinya di kampus ini akan dipusatkan program-program studi yang terkait bidang kreatif, seperti desain dan bisnis," tandasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com