Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMN-Huawei Sinergikan Dunia Pendidikan dan Industri

Kompas.com - 13/12/2012, 11:52 WIB
Caroline Damanik

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menandatangani nota kesepahaman dengan Huawei untuk bekerja sama dalam program Huawei Authorized Network Academy (HANA). Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anak didik dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.

UMN akan mengadopsi kurikulum Cloud-Pipe-Device milik Huawei khususnya dalam teknologi IP dalam mata pelajaran inti dan pilihan serta mendirikan Huawei University Teaching Laboratory untuk memenuhi kebutuhan mengajar.

Huawei akan melakukan program TTT (Train-The-Trainer) dan melatih para pelatih UMN agar memiliki sertifikat HCSI (Huawei Certified System Instructor) sehingga para instruktur dapat memberikan pelatihan kepada anak didik.

Wakil Rektor UMN, Muliawati Siswanto mengatakan, kerja sama dengan industri penting agar kampus bisa menyinergikan pendidikan untuk menjawab kebutuhan dan tren industri.

“Dalam era globalisasi dan persaingan sengit dalam mendidik para lulusan berkaliber tinggi yang penuh dengan kecakapan, kerjasama dengan industri adalah sesuatu yang bersifat sangat
inovatif untuk pengembangan bakat dan penyuburan kurikulum. Sesuai dengan cita-cita kami untuk mengajar para mahasiswa menjadi ahli di setiap bidang pengetahuan mereka”, katanya seperti dikutip dari rilis resmi yang diterima Kompas.com.

Sebagai kampus yang seluruh jurusannya selalu bersinggungan dengan teknologi, Muliawati menyadari bahwa UMN harus terus meningkatkan wawasan para pengajar demi pendidikan yang lebih baik kepada para mahasiswanya. Dengan demikian, para lulusan yang dihasilkan pun bisa diterima dengan baik di dunia profesional.

CEO Huawei Indonesia, Vincent Li, mengatakan kemajuan teknologi dan bisnis belakangan ini berpengaruh pada kebutuhan sumber daya manusia yang memiliki keahlian yang berkaitan langsung dengan teknologi. Oleh karena itu, sinergi antara dunia pendidikan dan industri sangat dibutuhkan.

"Ini merupakan bukti dari komitmen Huawei untuk selalu memberikan dukungan yang menyeluruh kepada kemajuan ekosistem teknologi informasi dan komunikasi Indonesia dengan memelihara bakat cemerlang dari usia muda, untuk
menjembatani kebutuhan yang dibutuhkan oleh teknologi masa depan dengan fasih," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com