Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa 3 Bulan untuk Diaspora Indonesia

Kompas.com - 18/02/2013, 14:03 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

ADELAIDE, KOMPAS.com - Kalau anda warga Indonesia yang tinggal di luar negeri dan ingin mengetahui budaya dan seni Indonesia lebih mendalam, Departemen Luar Negeri RI akan memberikan beasiswa selama 3 bulan untuk belajar di Yogyakarta. 

Beasiswa ini dinamakan Indonesian Studies for Indonesian Diaspora, yang akan diselenggarakan antara 25 Mei-9 September 2013 di salah satu universitas di Yogyakarta bagi 10 orang.     Menurut informasi yang diterima oleh koresponden Kompas di Australia L. Sastra Wijaya, beasiswa ini pada awalnya adalah bernama Indonesian Art and Culture Scholarship (IACS) yang sudah tersedia sejak tahun 2013 yang ditujukan bagi warga dari negara-negara di kawasan Pasifik.     

Untuk tahun 2013, Deplu menetapkannya sebagai program khusus  dimana para peserta adalah anggota masyarakat diaspora Indonesia di luar negeri, khususnya bagi mereka yang berdomisili di Afrika Selatan, AS, Australia, Belanda, China, Italia, Inggris Raya, Jepang, Jerman, Kaledonia Baru, Korea Selatan, Portugal, Rusia, Suriname dan Timor Leste.     

Peserta beasiswa adalah mereka yang berusia antara 21-30 tahun, dengan minimal tingkat pendidikan SMA. Kemampuan berbahasa Indonesia bukan merupakan kewajiban yang harus dikuasai, namun mereka harus memiliki ketertarikan yang tinggi mengenai Indonesia.     

"Mahasiswa ataupun mereka yang memiliki sejarah akademis mengenai ilmu-ilmu soal Indonesia dianjurkan untuk mendaftar." tulis Deplu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com