Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

120 Siswa SLTA Solok Ikuti Seleksi Masuk Paskibraka

Kompas.com - 29/04/2013, 04:10 WIB

SOLOK, KOMPAS.com - Sebanyak 120 siswa SLTA di Kabupaten Solok Sumatera Barat mengikuti seleksi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (paskibraka) 2013.

"Calon peserta yang kita seleksi sebanyak 120 siswa dari berbagai SLTA/SMK yang ada di Kabupaten Solok," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok, Yuswardi, Minggu (28/4/2013).

Dikatakan, pihaknya telah membentuk tim untuk menyeleksi anggota Paskibraka dari sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten solok. Adapun tim yang melakukan seleksi tersebut terdiri dari Dinas Pendidikan tiga orang, Dinas Kesehatan dua orang, Satpol PP, dan Gerakan Pramuka Kwarcab satu orang.

"Kita sengaja memasukkan instansi terkait dalam tim seleksi ini karena siswa-siswi yang diseleksi harus betul-betul pemuda-pemudi Kabupaten Solok, karena nantinya mereka akan menjadi duta daerah," kata dia.

Seleksi ini bertujuan untuk mendapatkan calon anggota Paskibraka yang akan dikirim ke tingkat provinsi dan nasional dalam rangka persiapan Upacara Detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2013.

Yuswardi mengharapkan tim seleksi dapat bekerja secara profesional untuk mendapatkan anggota paskibraka sesuai kriteria yang telah ditentukan, sehingga upacara nantinya dapat berjalan dengan baik.

Dia menjelaskan, dari 120 siswa yang diseleksi, 71 orang akan dipilih untuk paskibraka di tingkat provinsi dan 71 siswa untuk paskibraka di tingkat kabupaten.

Sementara pelatih, Jhon Afnel Hendri mengatakan, dari 120 siswa yang yang diseleksi tersebut, 49 diantaranya sudah melakukan seleksi tahap dua, dan 53 lainnya baru tahap satu seleksi.

Dia menambahkan, dalam penyeleksian tersebut pihaknya juga mengambil 25 siswa yang sudah menjadi anggota paskibra tahun lalu. "Dari 25 orang tersebut juga kita saring kembali," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com