Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM-UHM Perkuat Kerja Sama Mitigasi Bencana

Kompas.com - 11/06/2013, 23:01 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan University of Hawaii at Manoa (UHM), Hawaii, memperkuat kerja sama bidang pendidikan mitigasi bencana melalui perintisan program gelar ganda, penelitian, dan program pertukaran dosen.

"Bentuk kerja sama ke depan juga akan diperluas pada bidang ilmu kebumian dan sosial humaniora," kata Rektor UGM Pratikno saat menerima kunjungan delegasi University of Hawaii at Manoa di Yogyakarta, Selasa (11/6/2013).

Menurut dia, UGM dan UHM telah menjalin kerja sama dalam kurun 15 tahun terakhir. Sempat mengalami penurunan, tetapi sekarang mengalami peningkatan cukup signifikan sejak Barack Obama menjadi Presiden AS.

Kerja sama bidang kebencanaan itu, kata dia, didasari atas kepentingan kedua perguruan tinggi yang memahami kondisi geografis kedua negara, yakni Indonesia dan negara bagian Hawaii yang berada di daerah rawan bencana.

"Keduanya sama-sama negara yang berada di garis khatulistiwa dengan iklim dan masalah bencana serupa dengan sumber yang berbeda," katanya.

Ia mengatakan, kerja sama bidang mitigasi bencana nanti tidak hanya melibatkan kedua perguruan tinggi, tetapi juga menggandeng pemerintah kota. "Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dan Honolulu juga akan melakukan kerja sama di bidang kebencanaan," katanya.

Menurut dia, kerja sama antarkedua universitas itu termasuk yang paling intensif dibandingkan kerja sama UGM dengan universitas lain dari Australia, Asia, dan Eropa. "Kerja sama UGM dengan UHM dalam lima tahun terakhir semakin intensif pascaterpilihnya Obama sebagai Presiden AS," katanya.

Presiden UHM, Greenwood, mengatakan, kerja sama UHM dengan UGM dan beberapa universitas lain di Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir semakin meningkat, dibuktikan dengan meningkatnya jumlah beasiswa mahasiswa yang dikirim tugas belajar ke Hawaii.

"Selain itu koleksi penerbitan buku tentang di Indonesia juga sangat banyak di Hawaii. Pengajaran bahasa Indonesia di Hawaii sudah dilakukan tahun 1960-an," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com