Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Ubaya Ciptakan Busana dengan Bahan Non-kain

Kompas.com - 08/07/2013, 03:34 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com — Mahasiswa Fakultas Industri Kreatif (FIK) Universitas Surabaya menciptakan busana dengan bahan non-fabric atau non-kain, seperti kabel, kawat, kertas, VCD, kasa nyamuk, aluminium foil, peniti, dan sedotan.

"Setiap hari kami menemui kain, rasanya bosan, makanya teman-teman mencoba membuat baju dari bahan selain kain," kata salah seorang mahasiswi yang juga desainer, Fenny Ayu, Minggu (7/7/2013).

Dengan mengusung tema Geometric, tujuh mahasiswa akhirnya mencoba untuk mengotak-atik bahan non-fabric dress guna merancang 10 busana yang layak pakai dan disuguhkan dalam rangkaian acara "Micromart" di Surabaya Town Square (Sutos), Minggu malam.

Banyak sekali acara yang bakal dipersembahkan dalam "Micromart" antara lain "string art" yang belum pernah ada di Surabaya (membentuk rusa), photo hunting, pixel art (menutup gapura pintu setinggi 2,5 m x 3 m dengan potongan kertas warna-warni), dan pameran aneka kreasi unik.

Menurut Fenny Ayu, karena terbuat dari bahan VCD, kabel, kasa nyamuk, aluminium foil, peniti, dan sedotan, maka perlu energi ekstra untuk membuatnya di setiap detail busana. "Butuh waktu sekitar dua bulan untuk menyelesaikannya," katanya.

Namun, Kepala Pogram Studi Desain dan Manajemen Produk FIK Ubaya, Wyna Herdiana ST MDs, menilai, mereka memilih dari bahan yang tidak selayaknya karena mereka masih tahap pembelajaran. "Meski begitu, hasil karya mahasiswa itu sudah bisa diacungi jempol," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com