Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10.299 Siswa Perebutkan Kursi Terakhir Unversitas Brawijaya

Kompas.com - 18/07/2013, 16:49 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Sedikitnya 10 ribu peserta tes jalur mandiri memperebutkan kursi terakhir di Universitas Brawijaya (UB), yang masih tersisa sebanyak 20 persen dari total kuota calon mahasiswa baru, yang mencapai 16 ribu.

Ke-10 ribu peserta tersebut hari ini menjalani tes tulis dan potensi akademik di kampus setempat. "Jumlah peserta tes jalur mandiri ini mengalami peningkatan, tahun lalu hanya sekitar 8 ribu peserta, namun tahun ini bertambah menjadi 10 ribu peserta," kata Kepala Humas UB, Susantinah Rahayu, Kamis (18/7/2013).

Ada tiga jalur yang bisa ditempuh oleh para calon mahasiswa untuk masuk UB, yakni seleksi nasional masuk perguruan tinggi negari (SNMPTN) dengan kuota 50 persen, seleksi bersama masuk PTN (SBMPTN) kuotanya 30 persen dan jalur mandiri 20 persen.

Untuk mahasiswa yang diterima melalui jalur SBMPTN maupun SNMPTN, katanya, sudah mulai melakukan heregistrasi. Sedangkan untuk jalur mandiri masih dalam proses seleksi (tes) dan hasilnya akan diumumkan pada 23 Juli nanti.

Menyinggung biaya bagi mahasiswa baru dari jalur mandiri, Santi mengatakan tidak ada perbedaan yang berarti, sebab hampir sama dengan mahasiswa yang diterima dari jalur SNMPTN maupun SBMPTN.

Perbedaannya, kata Santi, hanya pada teknis pembayaran uang sumbangan pengembangan fasilitas pendidikan (SPFP)-nya saja yang berbeda, sebab jalur mandiri tidak masuk program uang kuliah tunggal (UKT).

Jika jalur SNMPTN dan SBMPTN SPFP-nya dibayarkan bersamaan dengan uang SPP setiap semester, tegas Santi, untuk jalur mandiri harus dibayarkan lunas di muka.

"Untuk biaya lain-lain memang ada perbedaan, namun tidak terlalu signifikan, sebab sudah ada ketentuan masing-masing setiap fakultas," katanya.

Sementara itu di Universitas Negeri Malang (UNM) pelaksanaan tes masuk jalur mandiri pada 16 Juli dan hasilnya diumumkan pada 20 Juli yang diikuti oleh 9.201 peserta. Sedangkan yang diterima sebanyak 1.604 mahasiswa.

Sedangkan di UIN Maliki tes jalur mandiri diikuti oleh 1.553 peserta dan hasilnya diumumkan pada 25 Juli mendatang. Pelaksanaan tes jalur mandiri di UIN Maliki pada 16-17 Juli, yakni untuk tes tulis pdan potensi akademi pada 16 Juli, sedangkan 17 Juli tes baca Al-Quran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com