Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5.517 Mahasiswa Baru Unand Ikuti "Bakti 2013"

Kompas.com - 14/08/2013, 22:24 WIB
PADANG, KOMPAS.com — Sebanyak 5.517 orang mahasiswa baru Universitas Andalas (Unand) Padang mengikuti kegiatan Bimbingan Aktivitas Kemahasiswaan dalam Tradisi Ilmiah (BAKTI) 2013, di kampus Unand, Limau Manis Padang, Rabu (14/8/2013).

"Mahasiswa baru tahun ini berasal dari jalur masuk SNMPTN dan SBMPTN serta program Afirmasi ADIK Papua," kata Rektor Unand Werry Darta Taifur ketika membuka acara BAKTI itu.

Peserta yang ikut dalam acara BAKTI ini merupakan seluruh mahasiswa baru Unand yang berasal dari semua fakultas dan jurusan pada tiga kampus Unand yang ada di Sumatera Barat.

Peserta juga termasuk dari kampus II yang ada di Payakumbuh dan Program Studi Agroekoteknologi di kampus III Pulau Punjung Dharmasraya.

"Pada tahun ini, Unand kedatangan mahasiswa undangan afirmasi dari Provinsi Papua sebanyak 17 orang melalui program ADIK Papua 2013," katanya.

Khusus untuk mahasiswa yang berasal dari Papua, kegiatan BAKTI ini menjadi lebih penting artinya bagi proses adaptasi dengan masyarakat, lingkungan, dan budaya Minang.

Sementara bagi mahasiswa lainnya, kegiatan BAKTI ini bermanfaat untuk pengenalan dan pemahaman kampus secara keseluruhan termasuk masyarakat dan lingkungannya.

Selain itu juga untuk mempersatukan dan memupuk persaudaraan antara warga kampus yang lama dengan yang baru dalam mewujudkan kesamaan cita-cita universitas. "Kegiatan BAKTI ini akan sepenuhnya diadakan di Kampus Limau Manis Unand," katanya.

Pada hari pertama, mahasiswa akan diberikan pengenalan dan pemahaman menyeluruh secara institusi, baik secara akademik maupun struktural.

Selanjutnya, mahasiswa akan kembali ke fakultas masing-masing untuk memperdalam pengetahuan dan informasi terkait kuliahnya, termasuk ke dalamnya pengenalan dosen, mata kuliah, dan organisasi kemahasiswaan.

BAKTI ini akan ditutup pada Sabtu (17/8/2013) bersamaan dengan acara upacara Bendera memperingati HUT ke-68 Kemerdekaan Indonesia.

"Setelah itu, seluruh mahasiswa baik yang baru maupun lama akan mulai mengikuti perkuliahan semester ganjil serentak pada Senin (19/8/2013)," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com