Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unhas-Universitas California Gelar Seminar Bioteknologi Kelautan

Kompas.com - 21/08/2013, 22:07 WIB
MAKASSAR, KOMPAS.com - Universitas Hasanuddin bekerja sama dengan University of California Santa Cruz dan Eijkman institute menggelar workshop "Marine Biotechnology Partnership Second Annual Workshop".

"Seminar bioteknologi kelautan ini, juga melibatkan Universitas Diponegoro dan keseluruhan kegiatan didanai United State Agency Internasional Development (USAID)," kata Koordinator Workshop, Magdalena Litaay Ph.D di Makassar, Rabu (21/8/2013).

Menurut dia, workshop tersebut diikuti oleh mahasiswa dan staf pengajar dari berbagai universitas yang ada di Makassar selama tiga hari yakni 21-23 Agustus 2013.

Adapun para pembicara asal Unhas, Undip dan UCSC yang membawa materi tentang bioteknologi kelautan itu diantaranya Prof Hanapi Usman MS, Prof Jamaluddin Jompa Ph.D, Magdalena Litaay PhD, Mr John Hansen, Dr rer-nat Elmi Zainuddin DES, Prof Roger Linington, Yusnita Rifai PhD, Ms Eva Johannes, Ms Karen Tenney dan Mr Evan Holloway.

"Workshop Marine Biotechnology Partnership Second Annual Workshop ini merupakan kali pertama diadakan di Unhas," kata Litaay.

Sementara tujuan pelaksanaan workshop tersebut adalah mendorong mahasiswa mengembangkan penelitian kelautan dengan dua arah penelitian khususnya pada penciptaan program pelatihan berbasis penelitian di bidang bioteknologi kelautan.

Selain itu, mendorong penemuan atau mikroorganisme laut dengan aktivitas terhadap risiko bakteri patogen resisten multi-obat serta isolasi tiga senyawa timbal antibiotik.

"Kegiatan yang pertama kalinya diadakan di Unhas ini diharapkan akan berlanjut tahun depan, karena sangat urgen dalam pengembangan teknologi kelautan," katanya.

Apalagi workshop itu juga memuat informasi tentang pertukaran ilmuwan ke Amerika, termasuk memberikan informasi pengembangan kurikulum untuk Marine Biotech dan kerja sama penelitian dari empat institusi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com