Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggito Abimanyu Mundur dari UGM

Kompas.com - 17/02/2014, 14:35 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com
 — Ekonom dari Universitas Gadjah Mada, Anggito Abimanyu, mengundurkan diri dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Senin (17/2/2014). 

Selain menjabat Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia, selama ini Anggito adalah dosen di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.

Pengumuman pengunduran diri disampaikan dalam keterangan pers di University Club UGM, Yogyakarta, Senin siang. Dalam acara itu, Anggito didampingi oleh Rektor UGM Pratikno.

"Pengunduran diri saya dari UGM terkait artikel saya yang dimuat di Kompas di mana terdapat kesalahan pengutipan referensi dalam sebuah folder di komputer pribadi," ujar Anggito.

Anggito mundur setelah dituduh menjiplak karya tulis orang lain dalam tulisannya berjudul "Gagasan Asuransi Bencana" yang dimuat di Harian Kompas pada 10 Februari lalu.

Seorang penulis di Kompasiana dengan akun "Penulis UGM" mengungkap kesamaan tulisan Anggito dengan tulisan opini serupa yang tayang lebih dulu dalam tulisan "Anggito Abimanyu Menjiplak Artikel Orang?".

Opini tulisan Anggito berjudul "Gagasan Asuransi Bencana" dinilai menjiplak karya Hatbonar Sinaga berjudul "Menggagas Asuransi Bencana" yang dimuat di Kompas, 21 Juli 2006. Sebagian besar kalimat dalam paragraf nyaris sama.

Saat dikonfrimasi melalui pesan singkat SMS, Minggu (16/2/2014) malam, Anggito membantah melakukan plagiat. Dia menyebut ada semacam kesalahan pengiriman file dalam tulisannya dan itu adalah fatal.

"Tidak ada plagiat, itu salah kirim file, tetapi fatal," kata Anggito.

Anggito tampaknya serius menyikapi persoalan itu. Oleh karena itu, hari ini, Senin (17/2/2014), Anggito secara khusus datang ke UGM untuk memberikan penjelasan kepada para sivitas akademika UGM untuk mengklarifikasi tuduhan plagiat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com