Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMA 8 Jakarta Incar Lima Besar Nilai UN Tertinggi Nasional

Kompas.com - 14/04/2014, 13:34 WIB
Agita Tarigan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - SMAN 8 Jakarta menargetkan siswanya dapat menduduki posisi lima besar nilai ujian nasional (UN) tertinggi di tingkat nasional. Pihak sekolah mengaku telah menyediakan berbagai program belajar yang dilakukan sebelum menghadapi UN.

"Kami (pihak sekolah) harap sih, anak-anak bisa masuk the big five nasional ya," kata Nahdiana, Kepala Sekolah SMAN 8 Jakarta, kepada Kompas.com, Senin (14/4/2014).

Para pengajar SMAN 8 Jakarta, selain menyosialisasikan mengenai kelulusan UN, juga mengimbau para peserta UN di sekolah tersebut untuk berprestasi di tingkat nasional. Selama beberapa bulan lalu, para pengajar sekolah ini dikerahkan untuk mengawal program belajar intensif. Waktu belajar siswa kelas XII ditambah sebagai persiapan menghadapi UN.

Selain belajar intensif, program klinik belajar juga diadakan untuk meningkatkan nilai siswa-siswi yang masuk dalam peringkat lima terbawah di kelas. Hal ini sebagai program tambahan untuk mempersiapkan siswa-siswi ini agar mampu berkompetisi dengan siswa lain.

Nahdiana mengatakan, target lima besar nasional ini adalah bentuk peningkatan prestasi yang akan dicapai sekolah dalam UN tahun ini. Pasalnya, pada UN sebelumnya, SMAN 8 Jakarta menduduki posisi 10 besar nilai tertinggi UN di tingkat Nasional dan menjadi satu-satunya SMA Negeri yang berhasil masuk posisi tersebut.

Sekolah, kata Nahdiana, akan memberikan sertifikat sebagai penghargaan terhadap siswa yang dapat mencapai target tersebut. Pemerintah daerah DKI Jakarta juga akan memberikan sejumlah uang dan cinderamata kepada siswa berprestasi itu. Selain itu, sekolah tempat siswa tersebut menimba ilmu juga akan mendapat hadiah.

"Pemberian hadiahnya secara formal dikasih sama pak wagub. Mudah-mudahan tahun ini bisa pak Jokowi," ujarnya berharap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com