Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Jepang, Binus Buka Program Studi Teknik Otomotif dan Robotik!

Kompas.com - 26/08/2014, 11:15 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bina Nusantara (Binus) University bekerjasama dengan ASO College Jepang meluncurkan Binus-ASO School of Engineering (Base). Base merupakan program studi S-1 yang menawarkan dua bidang keilmuan, yaitu Automotive & Robotics Engineering dan Product Design Engineering.

Rektor Binus University Prof Harjanto Prabowo di The Joseph Wibowo Center, Jakarta, mengatakan bahwa program khusus tersebut diperlukan Binus untuk menjawab tantangan global dalam melahirkan para insinyur muda dan ahli di bidang otomotif, robotik, serta desain produk. Mereka diharapkan mampu bersaing untuk menciptakan beragam inovasi.

"Mereka akan dibekali kurikulum berbasis industri yang disampaikan dengan bahasa pengantar Inggris. Mereka juga mendapat tambahan pelajaran bahasa Jepang," kata Harjanto sebelum peluncuran program baru tersebut, Senin (25/8/2014).

"Di semester 6 dan 7 nanti mahasiswa juga akan diberi kesempatan mengikuti summer course di Jepang. Di sana mereka akan belajar dan mengenyam pengalaman langsung bagaimana berjalannya sebuah industri di Jepang," tambahnya.

CEO of ASO College Group, Yutaka Aso, mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang dinamis dan mengalami perkembangan pesat pada industri bisnis automobile dan teknologi. Tingginya jumlah penduduk Indonesia merupakan pasar bagi industri bisnis dunia.

"Dalam hal ini adalah demand akan tenaga ahli untuk mengisi banyak kekosongan di perusahaan-perusahaan Jepang," ujar Yutaka.

Untuk kerjasama ini, lanjut dia, pihaknya akan mengisi keahlian mahasiswa di bidang product design. Sementara itu, Binus yang sudah lebih dulu berpengalaman dengan bidang teknik, akan fokus pada industrial engineering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com