Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pramuka, Bantu Basarnas Cari Pesawat AirAsia! Bantu Keluarga Penumpang!"

Kompas.com - 29/12/2014, 21:04 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault menyerukan anggota Pramuka di Tanah Air membantu Badan SAR Nasional untuk mencari pesawat AirAsia berkode penerbangan QZ8501.

"Pramuka, khususnya yang tinggal di pesisir dan daerah pegunungan di sekitar dugaan lokasi terakhir pesawat, bantu pencarian pesawat itu dan penumpangnya," kata Adhyaksa, di Bogor, Jawa Barat, Senin (29/12/2014), seperti dikutip dari siaran persnya.

Pesawat AirAsia berkode penerbangan QZ8501 hilang saat terbang dari Surabaya menuju Singapura, Minggu (28/12/2014) pagi. Pencarian saat ini berlangsung di perairan di sekitar Belitung Timur.

Berbicara di sela pencanangan Pramuka Peduli Tahun Baru "Pramuka Amankan Jalur Puncak Bogor" di Halaman Masjid Amalia, Universitas Juanda, Bogor, Adhyaksa menyatakan Pramuka harus hadir di tengah masyarakat dalam beragam kondisi, termasuk ketika ada musibah atau kesulitan tengah dihadapi masyarakat.

Adhyaksa juga meminta  para anggota Pramuka yang bertetangga dengan keluarga para penumpang dan kru pesawat itu turut membantu meringankan beban mereka. "Bantu apa saja yang bisa dibantu yang pada intinya dapat meringankan beban mereka," ujar dia.

Menurut Adhyaksa, Pramuka harus berperan di lingkungan agar manfaat keberadaannya dapat benar-benar dirasakan masyarakat. Dia pun mengaku sudah menghubungi Pramuka di Bangka Belitung dan Jawa Timur agar mengirimkan anggoata mereka untuk membantu pencarian pesawat maupun meringankan keluarga penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com