Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/02/2015, 10:00 WIB
KOMPAS.com – Mendapatkan beasiswa merupakan impian semua mahasiswa, apalagi bila mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Selain beasiswa studi dari kawasan Eropa dan Australia, negara yang berada di kawasan Asia pun tidak kalah peminatnya.

Jepang, sebagai salah satu negara maju, menjadi tujuan mahasiswa internasional untuk menimba ilmu. Di sisi lain, calon mahasiswa memiliki kekhawatiran mengambil beasiswa ke Jepang, terutama karena alasan bahasa. Bahan kuliah maupun modul kurang dapat dipahami karena kurang lancar dalam berbahasa Jepang.

Namun, saat ini ada beberapa perguruan tinggi di Jepang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar kuliah di kelas. Salah satu perguruan tinggi itu adalah Ritsumeikan University yang menawarkan program S-1 (empat tahun) dengan pengantar bahasa Inggris, yaitu Fakultas "Community and Regional Policy Studies Major in the College of Policy Science (CRPS)" dan Fakultas “Global Studies Major in the College of Internasional Relations (Global Studies Major)”.

Beasiswa pelajar asing

Khusus pelajar asing atau internasional, Ritsumeikan University menawarkan skema pengurangan biaya kuliah. Semua mahasiswa asing yang diterima dipastikan menerima keringanan biaya uang kuliah minimal 20 persen dari total uang kuliah tahun pertama. Bahkan, mahasiswa asing berprestasi berhak mendapat keringanan uang kuliah sebesar 50 persen dan 100 persen.

Pada tahun pertama studi, skema beasiswa pengurangan uang kuliah akan ditentukan berdasarkan hasil seleksi dokumen dan wawancara saat penerimaan mahasiswa. Di tahun kedua dan berikutnya, pengurangan akan diberikan berdasarkan prestasi mahasiswa pada tahun sebelumnya.

Untuk mendapatkan pengurangan uang kuliah pun tidak perlu mengajukan persyaratan khusus. Hasilnya akan dikirimkan bersamaan dengan pengumuman seleksi masuk.

Dok Ritsumeikan University Untuk mendapatkan pengurangan uang kuliah pun tidak perlu mengajukan persyaratan khusus. Hasilnya akan dikirimkan bersamaan dengan pengumuman seleksi masuk.
Cara mendaftar

Pengiriman dokumen untuk perkuliahan September 2015 dibuka mulai 23 Maret sampai 3 April 2015. Dokumen yang diperlukan saat mendaftar meliputi formulir pendaftaran, tiga essay dalam Bahasa Inggris, transkip nilai SMA sudah diterjemahkan dalam Bahasa Inggris, hasil tes kemapuan Bahasa Inggris dengan nilai minimal (TOEFL iBT 71, IELTS 5.5 dan TOEIC 700), serta surat keterangan akan lulus SMA tahun ini dari Kepala Sekolah.

Setelah dinyatakan lulus seleksi dokumen, calon mahasiswa akan mengikuti tes wawancara. Jadwal wawancara pelamar akan dilakukan melalui skype pada 23 Mei atau 24 Mei 2015. Hasil seleksi dokumen dan wawancara akan dikirim langsung ke pendaftar pada 15 Juni 2015.

Namun, sebelum melakukan proses pendaftaran, ada baiknya calon pelajar membaca panduan pendafataran di situs Ritsumeikan University secara teliti agar tidak terjadi kesalahan dan memperkecil peluang meraih beasiswa. Informasi lengkap dan pendaftarannya bisa dilihat di situs Ritsumeikan University; http://www.ritsumei.ac.jp dan http://www.ritsumei.ac.jp.

Dok Ritsumeikan University Ritsumeikan University terpilih oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jepang masuk dalam universitas kelompok Global 30 di Jepang.
Adapun form pendaftarannya bisa diunduh melalui http://www.ritsumei.ac.jp/eng/ps/admissions dan http://www.ritsumei.ac.jp/eng/ir/admissions. Informasih lebih lanjut bisa menghubungi email dengan bahasa Inggris melalui hello@st.ritsumei.ac.jp atau menghubungi langsung staf Ritsumeikan University di 021- 252 3716.

Baca juga: Asyik... Ada Kesempatan Kuliah di Kyoto, "Yogyakarta"-nya Jepang!

(ANNISA NABILA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com