Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang UN "Online", Sekolah Ini Belum Pasang Server CBT

Kompas.com - 21/03/2015, 01:24 WIB
Tara Marchelin Tamaela

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang ujian nasional (UN), server yang akan digunakan untuk sistem computer based test (CBT) belum terpasang di SMK Negeri 8 Jakarta Selatan. Pihak sekolah mengaku belum mendapat memastikan kesiapan server tersebut.

"Belum ada kepastian," ungkap Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK Negeri 8, Handayani, Jumat, (20/3/2015).

Pengakuan Handayani juga diperkuat oleh penanggung jawab laboratorium komputer SMK Negeri 8, Bowo. Bowo menjelaskan bahwa hingga kini pihak sekolah hanya mendapat gambaran mengenai UN CBT dari uji kompetensi guru yang juga dilakukan secara online.

"Kalau untuk sistemnya sendiri belum ada, tetapi kami sudah ada bayangan dari uji kompetensi guru yang juga dilakukan secara online. Saya sih belum dikabarin lagi, mungkin minggu depan," kata Bowo saat ditemui di SMK Negeri 8.

Para siswa pun dikatakan belum melakukan simulasi ujian secara online. Selama ini, simulasi atau try out dilakukan secara manual. Kendati demikian, Handayani yakin para muridnya akan mudah menguasai UN CBT karena telah terbiasa belajar dengan sistem e-learning.

"Nanti kalau sistemnya sudah terpasang kita try out online cuma sekali. Soalnya anak-anak kan juga biasanya ujian pakai komputer karena di sini e-learning-nya jalan," ujar Handayani.

Diketahui sebanyak 334 siswa kelas XII SMK Negeri 8 akan mengikuti UN online pada 13 April 2015. Pihak sekolah telah menyiapkan tiga buah laboratorium dan sekitar 120 buah komputer untuk digunakan pada hari ujian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com