Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas Kampus di Makassar Hadirkan JK

Kompas.com - 06/04/2015, 22:00 WIB


MAKASSAR, KOMPAS.com
- Ribuan orang menghadiri acara Talk Show Kompas Kampus di Baruga Andi Pettarani, Universitas Hasanuddin, Senin (6/4/2015) siang tadi. Didominasi mahasiswa, peserta memadati lokasi acara. 

Mereka sangat antusias mengikuti talk show "Rosi" yang dipandu langsung oleh Pemimpin Redaksi Kompas TV, Rosianna Silalahi.

Acara tersebut menghadirkan narasumber Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla.

Road show Kompas Kampus ke Makassar merupakan kegiatan ketiga setelah Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Dalam kesempatan tersebut, tim Kompas TV  juga memperkenalkan jurnalisme drone. Peliputan menggunakan drone atau pesawat tanpa awak untuk kegiatan jurnalistik berupa pengambilan foto atau video merupakan hal baru di Indonesia.

Pengenalan dilakukan dengan langsung mendemonstrasikan penerbangan drone di area Baruga Pettarani Unhas. Gambar yang dihasilkan drone tersebut langsung bisa dilihat peserta melalui dua layar lebar yang tersedia.

"Penggunaan drone lebih hemat biaya dari pada kita sewa helikopter. Penggunaan drone ini juga kami lakukan sebagai bagian dari persaingan di industri televisi," ujar News Gathering Manager KompasTV Alexander Wibisono.

Alexander mengatakan drone telah lama dan akrab dimanfaatkan militer Amerika Serikat sejak Perang Vietnam. Drone menggantikan balon udara untuk pengambilan gambar atau video.

Sementara pemanfaatan drone dalam kegiatan jurnalistik awalnya diperkenalkan sejak 2012 lalu oleh media-media televisi di luar negeri. Di antaranya CNN dan Al Jazeera. Kalangan jurnalis di Indonesia baru memanfaatkan drone pada 2014 lalu.

Satu di antara foto hasil drone jurnalisme yang cukup sukses menyedot perhatian adalah foto Konser Salam Dua Jari yang digelar di Gelora Bung Karno pada 5 Juli 2014 lalu oleh tim Kompas.com. Kompas Kampus di Makassar digelar 6-7 April 2015.(Ardy Muchlis)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com