Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ujian Nasional Sudah Dimulai...

Kompas.com - 13/04/2015, 12:02 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, menggelar inspeksi mendadak (sidak) pelaksanaan ujian nasional (UN), Senin (13/4/2015) pagi, di SMK Negeri 20 Jakarta. Mendikbud tiba di lokasi UN sekitar pukul 5.00 WIB, didampingi sejumlah pejabat di lingkup Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

SMK Negeri 20 merupakan sekolah rayon untuk pengambilan naskah soal bagi 78 SMK di daerah Jakarta Selatan I. Di sekolah tersebut Mendikbud meninjau persiapan panitia sekolah sebelum pelaksanaan UN hari pertama dimulai pukul 7.30 WIB.

"Alhamdulillah pelaksanaan persiapan UN berjalan baik dan lancar. Informasi sampai dengan tadi malam, seluruh proses berlangsung sesuai dengan rencana. Pagi ini Bapak dan Ibu menjadi pembawa etape terakhir naskah soal.Saya percaya anak-anak dapat mengerjakan dengan baik, hasilnya pun baik, dan tingkat kejujurannya tinggi," tutur Mendikbud dalam arahan singkatnya.

Mendikbud berpesan, jika terjadi masalah dalam pelaksanaan UN, sebisa mungkin panitia pelaksana di tingkat sekolah menyelesaikan persoalan tersebut di ruang kelas atau sekolah.

"Jadi, Insya Allah semuanya lancar," tambahnya.

Tahun ini pencetakan naskah soal UN dapat dilihat secara transparan pada laman www.kemdikbud.go.id. Pencetakan soal UN tahun ini berjumlah 35 juta eksemplar yang didistribusikan ke 50.515 SMP dan 18.552 SMA/SMK.

Adapun jumlah peserta UN sebanyak 7,3 juta siswa terdiri atas 3.773.372 siswa SMP; 1.632.757 siswa SMA; 1.171.907 siswa SMK; dan 632.214 siswa pendidikan kesetaraan (paket B dan C).

Tahun ini pelaksanaan UN SMA/sederajat diselenggarakan mulai 13 - 15 April 2015; dan UN SMP/sederajat pada 4 - 7 Mei 2015. Tahun ini juga merupakan tahun pertama UN dilaksanakan berbasiskan komputer atau computer based test (CBT) yang akan berlangsung pada 7 hingga 20 April 2015.

(RATIH ANBARINI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com