Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Dorong Kualitas Pembelajaran di Era Digital

Kompas.com - 16/04/2015, 18:40 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mendorong pembangunan infrastruktur sekolah untuk pembelajaran. Hal tersebut ditujukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital.

Infrastruktur tersebut diarahkan untuk digitalisasi agar siswa dan guru terbiasa menggunakan perangkat komputer dengan baik. Ujian nasional (UN) tahun ini diharapkan bisa menjadi rintisan penggunaan komputer sebagai media ujian. Ke depan, penggunaannya akan lebih digalakkan.

"Bukan hanya untuk ujian saja, tapi untuk pembelajaran sehari-hari dan di akhir tahun bisa dipakai untuk ujian," kata Mendikbud Anies Baswedan di Kantor Kemendikbud, Kamis (16/04/2015).

Mendikbud mengatakan, penggunaan komputer sebagai media ujian lebih efektif dan relatif aman. Karena kombinasi soal yang digunakan dalam media ini lebih bervariasi, serta tidak berisiko terjadi kebocoran soal seperti halnya percetakan naskah ujian berbasis kertas.

Tahun ini lebih dari 500 sekolah menggunakan sistem ujian berbasis komputer. Dari 500 sekolah tersebut diakui Mendikbud memang terjadi kendala teknis, namun segera bisa diatasi dan dikendalikan dengan baik. Mendikbud optimistis, penggunaan komputer sebagai pembelajaran hingga ujian bisa menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Mendikbud juga mengajak kepada seluruh komponen masyarakat pendidikan untuk tetap optimis dalam menjalankan pendidikan. Karena itu tantangan untuk membuat peserta didik "melek" komputer harus diawali dengan pembangunan infrastruktur yang baik.

(ALINE ROGELEONICK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com