Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersedia 1.600 Beasiswa, Kenapa Tak Punya Mimpi Kuliah di Eropa?

Kompas.com - 31/10/2015, 16:12 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang punya kemauan dan dilengkapi wawasan yang dijadikan syarat, tak ada alasan bagi pelajar Indonesia untuk tidak punya "mimpi" melanjutkan pendidikan tinggi ke Eropa. Setiap tahun ada sekitar 1.600 beasiswa pendidikan tinggi ditawarkan Uni Eropa dan negara-negara anggotanya untuk pelajar Indonesia.

Demikian dikatakan Vincent Guerend, Duta Besar Tertunjuk Uni Eropa untuk Indonesia dan
Brunei Darussalam, usai membuka Pameran Pendidikan Tinggi Eropa atau European Higher
Education Fair (EHEF) ke-7 di Jakarta, Sabtu (31/10/2015). Untuk itulah, Vincent melanjutkan,
EHEF tetap digelar untuk memenuhi tingginya minat pelajar Indonesia ke Eropa.

Berdasarkan data EHEF, tahun lalu jumlah mahasiswa Indonesia yang melanjutkan studi di Eropa mencapai 5.800 mahasiswa atau naik 30 persen dari jumlah pada 2011. Secara keseluruhan, ada lebih dari 9.000 mahasiswa yang saat ini menuntut ilmu di benua tersebut.

"Kami menawarkan suasana pergaulan internasional kepada pelajar Indonesia. Mereka belajar bukan hanya untuk ijazah, tapi pengalaman berharga seumur hidupnya. Karena di lingkup internasional ini mereka bisa lebih menggali wawasan luas untuk menjadi lebih dewasa, punya bekal bahasa asing lebih kuat, dan jejaring yang global," kata Vincent.

Marrik Bellen, Director KITLV-Jakarta yang juga perwakilan resmi Universitas Leiden di Jakarta, menyatakan sepakat dengan hal itu. Menurut dia, upaya-upaya kerjasama pendidikan tinggi antara Eropa dan Indonesia semakin kuat, tak terkecuali dengan Belanda.

"Sepuluh tahun lalu masih bisa saya katakan bahwa Pemerintah Belanda lebih dominan memberikan beasiswa atau bantuan pendidikan untuk pelajar Indonesia. Kini, Uni Eropa menambah jumlahnya, dan sebaliknya pemerintah Indonesia pun berlaku serupa," ujar Marrik, mantan Direktur Nuffic Neso Indonesia.

M LATIEF/KOMPAS.com Berdasarkan data EHEF, tahun lalu jumlah mahasiswa Indonesia yang melanjutkan studi di Eropa mencapai 5.800 mahasiswa atau naik 30 persen dari jumlah pada 2011. Secara keseluruhan, ada lebih dari 9.000 mahasiswa yang saat ini menuntut ilmu di benua tersebut.
Marrik menuturkan, dari total 9.000 mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Eropa, jumlah pelajar di Belanda saat ini mencapai 1.500 orang. Jumlah itu terus meningkat dibandingkan pada 2011 yang mencapai 1.250 mahasiswa.

"Sangat berubah sekali kemajuan sejak beberapa tahun lalu dengan kondisi sekarang. Minat
pelajar yang ingin ke Belanda semakin tinggi," kata Marrik.

140 institusi

Sampai saat ini Pameran Pendidikan Tinggi Eropa atau European Higher Education Fair (EHEF) merupakan pameran pendidikan tinggi Eropa terbesar digelar di Indonesia. Tahun ini, dilaksanakan selama dua hari sejak Sabtu (31/10/2015) sampai Minggu (1/11/2015),   
EHEF ke-7 diikuti oleh 140 institusi pendidikan tinggi Eropa.

Setelah dilaksanakan di Jakarta, pameran tersebut juga akan digelar di Yogyakarta
(3 November 2015) dan Bali (5 November 2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com