Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

British School dan Inovasi Pembelajaran Menjawab Tantangan Abad 21

KOMPAS.com - Era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan kecepatan pertumbuhan teknologi melalui kecerdasan buatan, mahadata, internet dan otomatisasi menjadi tantangan dalam dunia pendidikan saat ini.

Sekolah dituntut mampu beradaptasi dalam menjawab perubahan tersebut dan diharapkan mampu melahirkan lulusan yang tidak hanya unggul secara akademis namun juga memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, unggul dalam berkomunikasi dan mampu berkolaborasi.

Guna menjawab hal itu, kepala sekolah baru British School Jakarta (BSJ) David Butcher memperkenalkan 2 program edukasi terkini untuk para siswa yakni International Baccalaureate Middle Years Programme (IB MYP) dan IB Career-related Programme (IBCP) kepada media di BSJ Bintaro Jaya, Tangerang Selatan (29/3/2019).

Pendidikan holistik

"IB-MYP merupakan sebuah program pendidikan yang dirancang untuk siswa berusia 11 sampai dengan 16 tahun yang menekankan pada pembentukan kemampuan siswa untuk berpikir kritis dan kreatif," jelas David mengenai program yang akan diadaptasi pada Agustus 2019.

BSJ akan mengimplementasikan MYP ini ke dalam program belajar tiga tahun untuk siswa di tahun ketujuh, kedelapan dan kesembilan untuk kemudian dilanjutkan dengan mengikuti program International General Certificate of Secondary Education (IGCSE) bagi siswa di tahun kesepuluh dan kesebelas.

Setelah menyelesaikan program tersebut, siswa dipersiapkan untuk mengikuti program IB Diploma selama dua tahun yang merupakan gerbang pendidikan tinggi atau universitias di luar negeri.

"Salah satu keunggulan dari program ini adalah pendekatan pendidikan holistik di mana siswa tidak hanya diasah secara akademik namun juga seluruh minat dan bakatnya termasuk soft skill dan character building," jelas David kepada Kompas.com.

Inovasi pendidikan

Melalui IB MYP yang berfokus mendekatkan siswa dengan komunitas, David optimistis program pendidikan ini dapat membawa siswa semakin kreatif menciptakan perubahan di masa mendatang.

Untuk program ini, BSJ berkolaborasi dengan pakar riset dari Massachusetts Institute Technology (MIT) Mette Boell dalam bentuk pelatihan dan lokakarya untuk seluruh karyawan dan siswa BSJ yang juga menjadi bagian dari metode Compassionate Learning Systems.

Program ini diinisasi pengajar terkemuka MIT, Peter Senge, salah satu pendiri The Society for Organizational Learning.

"Menjadi kewajiban kami untuk terus membawa perubahan, sekaligus memastikan sekolah dapat memenuhi kebutuhan siswa untuk meraih sukses di masa mendatang," tegas David

Karena itu, David menyampaikan BSJ mengembangkan keterampilan yang paling dibutuhkan siswa sekaligus memberi tantangan baru agar siswa menjadi yang terbaik, lewat inovasi dan program pendidikan yang dihadirkan.

"Compassionate System merupakan pendekatan yang memanfaatkan aspek kognitif dan afektif dari profil pembelajar terhadap keterampilan belajar. Prosesnya, pembelajaran Sosial Emosional (SEL) dikombinasikan dengan pemahaman tentang sistem dan kompleksitas demi membangun landasan kognitif dan afektif untuk mendorong pemikiran global siswa," ujar Mette Boell.

David Butcher menambahkan, "Dalam SEL, kami menekankan keterlibatan diri para siswa untuk bisa bersaing di dunia yang terus berubah dengan cepat ini, metode ini selaras dengan prinsip #morethanaschool yang diusung oleh BSJ."

Hal senada ditekankan pula oleh James Wright, salah satu guru subyek Desain Teknologi. "Melalui program pembelajar ini, sejak dini siswa dilatih untuk peka terhadap permasalahan yang ada di sekitarnya dan dapat menjadi solusi atas permasalahan yang muncul di komunitas mereka."

Melalui pendekatan social thinking (pemikiran sosial), self management (manajemen diri), communication) kemampuan komunikasi dan (research) riset diharapkan siswa menjadi long life learner (manusia pembelajar) dan menjadi problem solver dari setiap permasalahan yang muncul di tengah masyarakat.  

Didirikan pada tahun 1974, BSJ menyediakan pendidikan berstandar internasional untuk lebih dari 50 komunitas internasional di Indonesia. BSJ juga telah mengirim para lulusannya ke universitas terbaik di dunia, termasuk berbagai universitas Ivy League di Amerika Serikat, dan Russell Group di Inggris.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/04/04/15535011/british-school-dan-inovasi-pembelajaran-menjawab-tantangan-abad-21

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke