Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menunggu Hasil SBMPTN 2019, Lakukan 4 Hal Ini

KOMPAS.com – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 akan diadakan 10-24 Juni 2019 dan pengumuman hasil dipublikasikan pada 9 Juli 2019.

Itu artinya, peserta SBMPTN 2019 baru bisa mengetahui kelanjutan “nasib” mereka sekitar satu bulan lagi. Sambil menunggu hasil tersebut, para calon mahasiswa bisa melakukan berbagai kegiatan bermanfaat.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dikerjakan dalam sebulan ke depan:

1. Ikut kursus

Gunakan waktu selama satu bulan ini dengan mengikuti kursus singkat yang bisa menambah kemampuan dan keterampilan. Sesuaikan dengan minat dan bakat.

Siapa tahu melalui kursus ini nantinya bisa menggali kemampuan terpendam yang selama ini terabaikan dan belum pernah diasah lebih dalam, misal; kursus komputer atau perangkat elektronik, memasak, menjahit, kecantikan, dan otomotif.

Perhatikan jadwal kursus tersebut, jangan sampai mengganggu jadwal berkaitan SBMPTN.

Sesuaikan juga biaya penyelenggaraan kursus. Usahakan biayanya tidak melebihi kemampuan keuangan atau orang tua sehingga tidak menambah beban finansial pada saat peserta diterima SBMPTN atau harus mendaftar ke perguruan tinggi swasta.

2. Buat alternatif rencana

Waktu senggang dalam satu bulan ini bisa juga dipakai memikirkan berbagai rencana ke depan. Salah satunya mencari informasi tentang PTS sebagai alternatif melanjutkan studi.

Sebab, banyak PTS menyediakan pendidikan berkualitas tidak kalah dari PTN, termasuk prospek di dunia kerja nantinya.

Beberapa hal patut menjadi pertimbangan dalam memilih PTS yakni mengenai akreditasi, peringkat, biaya kuliahnya, kualitas lulusan, dan lokasi.

Calon mahasiswa pun bisa mencari informasi tambahan dari laman resmi masing-masing kampus yang menjadi incaran serta para mahasiswa atau alumni yang dikenal pernah kuliah di sana.

3. Bertemu teman dan kerabat

Manfaatkan kesempatan selama lebih kurang 30 hari nanti bertemu dan berkumpul dengan teman dan kerabat keluarga. Pastikan bahan pembicaraan bersama mereka tetap positif.

Cari informasi dan rekomendasi sebanyak-banyaknya dari mereka tentang kampus mana layak menjadi pilihan, baik PTN maupun PTS.

Usahakan juga bertukar pikiran mengenai pandangan masing-masing terhadap dunia pendidikan tinggi dan peluang kerja pada masa mendatang.

4. Santai sejenak

Calon mahasiswa telah mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019 dan mengurus berbagai macam keperluan untuk SBMPTN tahun ini. Tidak ada salahnya memanfaatkan waktu bersantai dahulu.

Ini merupakan cara yang patut diambil untuk menyegarkan pikiran dan menenangkan perasaan setelah repot dan stres menyiapkan bermacam hal terkait SBMPTN.

Beberapa aktivitas bisa dilakukan, misalnya; memperbanyak waktu istirahat, jalan-jalan bersama teman atau keluarga, membaca komik atau buku cerita, menonton film, dan kegiatan lain sesuai hobi.

Bisa juga merencanakan untuk berlibur ke luar kota dalam beberapa hari. Tidak perlu jauh-jauh, kunjungi daerah yang bisa didatangi hanya dalam satu atau dua jam perjalanan. Yang penting ada tujuan wisata menarik dan belum pernah dikunjungi, serta biaya tidak terlalu mahal.

Dengan begitu, calon mahasiswa bisa melupakan sejenak kepenatan dalam menyiapkan pendidikan di perguruan tinggi dan pikiran menjadi segar kembali.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/06/06/09160321/menunggu-hasil-sbmptn-2019-lakukan-4-hal-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke