Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Merayakan Lebaran bersama Anak secara Edukatif

KOMPAS.com – Momen merayakan Idul Fitri tahun ini bisa menjadi kesempatan berbagi pengetahuan dan ajaran kepada anak mengenai makna dari hari raya yang dikenal dengan Lebaran di Indonesia.

Ajaran itu bisa berupa penjelasan dan pemahaman yang disampaikan kepada anak tentang nilai kehidupan, termasuk kaitannya dengan keagamaan dan budaya di Tanah Air.

Supaya tidak membosankan, caranya dapat dilakukan tidak hanya dengan memberi penjelasan, tetapi juga melibatkan anak dalam aktivitas menyenangkan. 

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah aktivitas pada hari Lebaran yang bisa dilakukan bersama anak-anak:

1. Berbagi rezeki

Berikan contoh nyata kepada anak mengenai arti dari berbagi rezeki diperoleh, misalnya memberikan bantuan makanan, pakaian, dan bingkisan kepada panti asuhan dan penyandang disabilitas, atau mengunjungi panti jompo. 

Selain berbagi kebahagiaan, anak akan belajar bersyukur akan semua hal yang mereka miliki dan memahami sudah menjadi tugas mereka untuk beramal kepada orang kurang beruntung.

2. Membuat makanan khas

Bagi orangtua suka menyiapkan sendiri makanan dan minuman yang akan disuguhkan saat Lebaran, ajaklah anak terlibat langsung saat membuatnya. Terlebih, jika sajian itu merupakan sajian khas khusus dihidangkan ketika Lebaran.

Tentunya hal itu akan menambah pengetahuan anak mengenai suguhan sesuai tradisi keluarga secara turun-temurun.

3. Bercerita 

Ajaklah anak duduk bersama, lalu bacakan sejumlah cerita menarik bertema Idul Fitri. Sumber cerita bisa dari buku, internet, atau referensi lain. Sebelumnya, pilih cerita sesuai dengan umur anak sehingga akan mudah dimengerti. 

Sebagai tambahan, orangtua dapat menyeritakan berbagai kebiasaan menarik dilakukan masyarakat di sejumlah daerah di Indonesia dalam merayakan Lebaran. Hal ini dapat membuat anak makin mengenal budaya Tanah Air sekaligus membangkitkan rasa nasionalisme.

4. Area bermain

Sediakan sebagian area di rumah khusus untuk anak bisa bermain dan mengeksplorasi berbagai mainan baru yang didapat sebagai hadiah Lebaran dari keluarga.

Mungkin orangtua harus menyingkirkan dan menggeser beberapa barang di rumah supaya anak bisa lebih leluasa bermain. 

Dengan begitu, anak akan merasa betah di rumah dan orangtua bisa melakukan aktivitas lain sambil mengawasi anak atau sembari menerima tamu yang berdatangan bersilaturahim saat momen perayaan Idul Fitri ini.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/06/06/09485781/4-cara-merayakan-lebaran-bersama-anak-secara-edukatif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke