Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Criquet Cracker", Kue Lezat Tinggi Protein dari Tepung Jangkrik Inovasi Mahasiswi IPB

KOMPAS.com - Pada zaman "kekinian", inovasi menjadi kata kunci untuk mampu unggul di antara persaingan yang kian ketat, termasuk dalam dunia kuliner. Terobosan unik datang dari mahasiswi Institut Pertanian Bogor (IPB), Natassa Kusumawardany, yang membuat kue tinggi protein dari tepung serangga, yaitu jangkrik.

Ya, memang tidak salah. Tepung jangkrik. Natassa, mahasiswa IPB University dari Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, berhasil menyulap tepung jangkrik menjadi kue lezat  kaya protein. Inovasi karya Natassa itu diberi nama Criquet Food.

Seiring tingginya pertumbuhan penduduk dunia, diperlukan alternatif sumber protein yang cocok memenuhi kebutuhan protein setiap hari. Terdapat banyak alternatif sumber protein yang dapat dikonsumsi manusia, di antaranya serangga.

Alternatif pangan tinggi protein

Serangga dikenal sebagai hewan kaya protein dan berpotensi menjadi alternatif sumber protein hewani. Sejauh ini serangga yang telah dimanfaatkan sebagai sumber protein hewani adalah belalang.

Namun, siapa sangka, ternyata serangga lain seperti jangkrik juga berpotensi sebagai sumber protein hewani. Contohnya adalah Criquet Food yang dibuat dengan bahan dasar tepung jangkrik.

Keunggulan Criquet Food ini, lanjut Natassa, adalah makanan tinggi protein, kaya antioksidan, mengandung asam amino, asam lemak, omega 3 dan 6, serta berkalori rendah dan tanpa bahan pengawet.

“Dengan kandungan tersebut, criequet crackers dan criequet cakes dapat dikonsumsi oleh semua golongan umur. Tidak hanya bagi pencinta kue, tapi bisa anak-anak, remaja, orangtua, bahkan olahragawan juga bisa mengonsumsi kue ini,” jelas Natassa seperti dikutip dari laman resmi IPB.

“Produknya ada dua, crackers dan cakes. Untuk Criquet crackers punya empat varian rasa, yaitu original, garlic, cheddar cheese, dan sweet chocolate,” ujar Natassa. 

Sedangkan untuk produk cakes, ia menambahkan, ada enam varian rasa criquet cakes, yaitu original, chocolate, strawbery, green tea, anggur, dan melon.

Raih beragam penghargaan

Sampai saat ini, inovasi kue dari tepung jangkrik itu telah mendapat berbagai penghargaan, di antaranya:

  • Hibah Wirausaha Muda Pemula Kemenpora 2018
  • Hibah program Mahasiswa Wirausaha 2018
  • Juara 1 Business Model Canvas Peternakan Nasional 2018
  • Juara 3 lomba Ide Bisnis Non Program Kreativitas Mahasiswa (Non PKM) 2019
  • Dua tahun berturut-turut mendapat penghargaan Fakultas Pertanian Agripreneur IPB

Natassa mengaku, peminat Criquet Food ini ternyata tidak hanya di Pulau Jawa, tetapi juga dari Lampung, Medan, Aceh, Kalimantan, dan tempat lainnya.

“Saya berharap Criquet Food ini dapat menjadi alternatif makanan yang tinggi protein yang bisa dinikmati semua kalangan. Dengan Criquet Food ini, kami juga mencoba mengenalkan kepada masyarakat bahwa ternyata serangga seperti jangkrik dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang lezat untuk dikonsumsi,” harap Natassa.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/11/06/07300011/criquet-cracker-kue-lezat-tinggi-protein-dari-tepung-jangkrik-inovasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke