Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

ILUNI UI Turun Tangan Antisipasi Banjir Susulan

KOMPAS.com - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) membentuk tim Community Disaster Response (CoDRT) untuk tanggap darurat kebencanaan mengantisipasi banjir susulan.

Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian mengatakan, tim tersebut dibentuk berangkat dari tingginya kebutuhan bantuan cepat tanggap dari berbagai daerah yang masih minim bantuan.

Ia menjelaskan, tim terdiri atas gabungan Alumni Peduli Center, Community Development Center, Alumni MENWA UI, Alumni MAPALA UI, dan ILUNI Fakultas di lingkungan UI.

“Tim ini sejak tanggal 1 Januari 2020, telah mengirimkan bantuan ke sejumlah titik di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang,” ujar Andre dalam pernyataan tertulis, Jumat (10/1/2019).

Pembentukan tim, ia melanjutkan, juga berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang mengingatkan masyarakat agar mewaspadai hujan ekstrem akan kembali terjadi pada 5 hingga 10 Januari 2020.

Adapun wilayah yang terdampak cukup parah dan masih minim bantuan pada saat itu yakni Vila Nusa Indah, Pondok Gede Permai, Perumnas I Bekasi, Mampang Pela, dan Ciledug Indah.

Selain mengevakuasi warga, imbuh dia, tim memberikan makanan matang, bahan makanan pokok, perlengkapan bayi dan balita, serta peralatan sanitasi dan kebersihan.

Tak hanya itu, tim tersebut membantu membersihkan rumah-rumah warga dengan menyalurkan kebutuhan logistik saat air mulai surut.

Ia menjelaskan, kondisi lingkungan paska banjir masih menyisakan pekerjaan rumah yang panjang dan juga membutuhkan keseriusan penanganan.

Untuk itu, ILUNI UI menyiapkan rencana untuk masa pemulihan paska bencana.

ILUNI UI membuka donasi ILUNI UI Peduli Banjir sejak 2 hingga 6 Januari 2020 telah terkumpul donasi sebesar Rp 45.822.406.

Adapun Posko ILUNI UI Peduli Banjir berada di Sekretariat ILUNI UI, Kampus UI Salemba dan Markas Komando Resimen Mahasiwa Wira Makara (MAKO Menwa) UI Depok.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/10/19384511/iluni-ui-turun-tangan-antisipasi-banjir-susulan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke