Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengejar Target 1 Juta APK lewat Modernisasi Universitas Siber

KOMPAS.com - Universitas Terbuka Serang mengadakan Upacara Penyerahan Ijazah untuk 856 wisudawan untuk program Diploma dan Sarjana pada 19 Januari 2020. Acara dbuka secara resmi oleh Direktur UT Serang Maman Rumanta.

Para wisudawan berasal dari beragam wilayahkabupaten maupun kota di Serang meliputi; Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Cilegon, Kota Serang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

"Kalian adalah pejuang terpilih karena belajar dengan sistem pendidikan jarak jauh membutuhkan kemandirian dalam belajar, perlu ketekunan dan komitmen," ujar Maman Rumanta, DIrektur UT Serang.

Ia berharap kemandirian dan ketekunan akan terus menjadikan para lulusan terus menjadi 'manusia pembelajar'. 

"Dengan kemandirian dan ketekunan ini kalian dapat melanjutkan ke jenjang lebih tinggi lagi.  Kalian dapat melanjutkan ke ke S2 maupun ke S3," harap Maman Rumanta.

Mengejar target 1 juta mahasiswa

Sementara dalam sambutan, Rektor UT Prof. Ojat Darojat menyampaikan kepada para wisudawan di usia ke-35 tahun, UT terus berkembang dari universitas pembelajaran jarak jauh yang bersifat tradisional menuju universitas siber modern.

"UT mendapat apresiasi dari Mendikbud dalam perjalanan 35 tahunnya mulai dari PJJ tradisional kini bertransformasi menjadi cyber university," ujar Prof. Ojat Darojat.

Ia menjelaskan dari proses pembelajaran yang masih sederhana, kini UT telah dapat menerapkan sistem online dalam seluruh proses mulai dari administrasi, layanan, proses belajar hingga pelaksanaan ujian.

"Bahan ajar kini sudah dilakukan secara digital interaktif, tutorial tatap muka secara real time bahkan kini sudah menjangkau 40 negara tanpa mengenal batas negara. Semua fully online," jelas Prof. Ojat.

Dengan kemampuan ini, UT tengah mengejar target yang diminta Kemendikbud untuk mencapai APK (angka partisipasi kasar) pendidikan tinggi dari 350 mahasiswa tahun ini menjadi 1 juta mahasiswa di tahun 2024.

Hal senada disampaikan Wakil Rektor Universitas Tirtayasa Rahmat Salam yang turut hadir sebagai tamu undangan.

"Kehadiran UT dengan sistem pembelajaran online  diharapkan dapat menjadi bagian dari 'cinta Indonesia' dan 'cinta Banten' dalam meningkatkan jumlah lulusan S1," harap Rahmat.

Sistem pembelajaran sistem online learning, tambah Rahmat juga sejalan dengan program Merdeka Belajar yang dicanangkan Mendikbud Nadiem Makarim.

"Mahasiswa dapat Merdeka Belajar melalui media pembelajaran yang lebih maju dengan teknologi yang berkembang," ujarnya.

Dalam memperkuat jati diri UT sebagai cyber university, Prof. Ojat berupaya untuk memodernisasi sistem pembelajaran UT.

"Selain tantangan infrastruktur akses jaringan, saat ini tantangan serius UT adalah bagaimana meningkatkan literasi digital masyarakat. Saat ini baru 50 ribu peserta memanfaatkan layanan pembelajaran online secara maksimal. Masih ada mahasiswa gagap menggunakan teknologi" jelas Prof. Ojat.  

Bagi para lulusan, Rektor UT Prof. Ojat menitipkan pesan.

"Semoga dengan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh, pengalaman belajar selama di UT, itu akan memberikan bekal yang baik untuk merintis karier lebih baik di masa depan di manapun mereka sehingga lulusan UT dapat memberi warna dalam rangka pembangunan nasional di daerah masing-masing," tutup Prof. Ojat. 

https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/22/21372001/mengejar-target-1-juta-apk-lewat-modernisasi-universitas-siber

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke