Salin Artikel

3 Penyebab Anak Malas Belajar Menulis

KOMPAS.com - Belajar di rumah saat pandemi Covid-19 tentu mendatangkan banyak tantangan bagi orang tua. Terlebih bagi orang tua yang punya anak di tingkat awal Sekolah Dasar (SD).

Hal ini karena anak-anak masih harus melewati masa transisi dari PAUD ke SD dengan pendampingan penuh dari orang tua.

Salah satu tantangan yang mungkin dialami orang tua yaitu saat mendampingi anak belajar menulis. Berikut ini kendala anak belajar menulis:

1. Kemampuan motorik tiap anak berbeda

Tentunya orang tua harus sabar dan telaten dalam mendampingi anak saat memulai belajar menulis. Mengutip laman PAUD Dikmas Kemendikbud, kemampuan anak saat belajar menulis berbeda-beda karena perkembangan motorik halus anak usia dini belum begitu sempurna.

Tidak hanya soal motorik halus, ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan anak kurang bersemangat untuk belajar menulis.

Anak bosan dengan menulis. Hal ini bisa disebabkan karena tingginya tuntutan orang tua terhadap anak.

Sehingga menyebabkan orang tua selalu menuntut anak belajar menulis dan langsung mengomel jika anak lebih banyak bermain.

2. Perlengkapan menulis kurang memadai

Peralatan menulis yang kurang memadai. Ternyata dengan punya peralatan menulis yang lengkap dan menarik, bahkan mungkin bergambar tokoh kartun favorit anak juga bisa meningkatkan antusias mereka dalam belajar menulis.

Tapi jika melihat perlengkapan menulisnya saja kurang menarik, bisa saja menyebabkan semangat menulis si anak menurun. Ditambah lagi jika melihat perlengkapan menulis milik temannya yang jauh lebih bagus.

3. Anak tidak percaya diri

Ketika anak tumbuh dan berkembang dengan rasa kurang percaya diri juga berpengaruh saat mereka mulai belajar menulis.

Misalnya saat anak diminta untuk mulai menulis, mereka cenderung tidak melakukan karena merasa takut sebelum mencoba.

Orangtua harus menghargai proses

Beberapa hal ini yang mungkin saja menyebabkan anak malas belajar menulis. Di saat belajar di rumah masih diberlakukan, orang tua tetap perlu terus berdiskusi dengan guru terkait peningkatan anak dalam belajar khususnya menulis.

Selain itu orang tua juga sebaiknya tidak memberikan tuntutan berlebih kepada anak.

Orang tua sebisa mungkin menerapkan metode belajar sambil bermain agar anak tidak merasa tertekan.

Satu hal lagi yang perlu diingat yakni agar orang tua bisa menikmati proses dan mendampingi anak mereka saat memulai belajar menulis.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/02/02/152501571/3-penyebab-anak-malas-belajar-menulis

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.