Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Spy × Family: Agen Super dengan Keluarga Anehnya, Karya Tatsuya Endo

Oleh: Andarto | Editor Komik Elex Media Komputindo

KOMPAS.com – Bagamaina jika seorang agen super mendadak harus mempunyai keluarga. Padahal si agen super masih berstatus lajang.

Ditambah lagi ‘anak’ nya mempunyai kekuatan membaca pikiran sedangkan ‘istri’ nya juga berprofesi sebagai pembunuh bayaran.

Agen super dengan sandi Twilight ini mendadak punya ‘anak’ dan ‘istri’ karena sedang menjalankan misi mendekati seorang politikus berpengaruh namun sangat misterius.

Target dari Twilight ini menghindari kontak dengan orang lain dan satu-satunya kesempatan hanya saat pertemuan orangtua di sekolah anak-anaknya.

Twilight sebenarnya tak kesulitan mendapatkan ‘anak’ dengan mudah dari panti asuhan. Twilight juga berhasil mendapatkan ‘istri’ untuk melengkapi keluarga.

Meski anggota keluarga yang dimiliki Twilight agak aneh. Mereka mengira pasangan mereka hanya orang biasa yang tak tahu apa-apa.

Sedangkan sang anak meski sebenarnya tahu karena kemampuan supernya membaca pikiran, dia memilih diam dan melihat keseruan ayah dan ibu barunya.

Karya terbaru komikus Tatsuya Endo

Paket komplit keluarga agen super, pembunuh bayaran dan anak pembaca pikiran ini terangkum dalam karya Spy x Family karangan komikus Tatsuya Endo di penerbit Shueisha.

Penerbit Shueisha sebelumnya juga menerbitkan judul tenar seperti Naruto, One Piece, Bleach, Death Note, Jojo’s Bizarre Adventure, Fire Punch.

Meski tema spionase bukan hal baru, karya Tatsuya ini berhasil masuk dalam jajaran komik paling laku sepanjang 2020 di Jepang dan masuk dalam berbagai daftar rekomendasi.

Plot yang mengalir dan menghibur

Meski masuk dalam komik paling laku tahun 2020, bagi saya Spy x Family ini tidak meninggalkan adegan seru khususnya bagi pembaca muda.

Tapi Tatsuya berhasil mengemas Twilight dan ‘keluarga’ barunya dengan plot cerita mengalir tanpa terburu-buru.

Tentu semuanya dibalut dengan sentuhan komedi menghibur, apalagi saat Twilight menjalankan misi rahasia sekaligus menghadapi situasi ketika rekan kerja (istri dan anak) bertingkah tidak sesuai rencana.

Komik bertema spionase

Adanya elemen perang dingin dalam Spy x Family ini memberi nilai plus karena ada nilai nostalgia di dalamnya.

Khususnya bagi penikmat komik yang sudah lebih berumur karena cerita di dalamnya tidak banyak mengedepankan elemen sistem kekuatan super tapi juga punya rasa tersendiri yang nikmat.

Saya juga ingat, beberapa judul komik lama dengan tema perang dingin dan mata-mata adalah Rocket Man, karangan Katou Motohiro (Q.E.D., C.M.B.). Judul itu juga masih terkait bayang-bayang dunia spionase pada masa pasca akhir perang dingin.

Satu hal yang menambah menarik komik bertema spionase pada masa perang dingin yakni pengunaan judul-judul bab yang diambil dari judul novel fiksi ilmiah. Hal itu yang membuat berkesan dan tetap menarik.

Tautan pembelian : 

  • https://www.gramedia.com/products/spy-x-family-01
  • https://www.gramedia.com/products/spy-x-family-02

https://edukasi.kompas.com/read/2021/02/02/171812271/spy-family-agen-super-dengan-keluarga-anehnya-karya-tatsuya-endo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke