Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kamu Mahasiswa Hukum? Tonton 10 Film dan Drama Tentang Hukum

KOMPAS.com - Kuliah di Jurusan Hukum bagi sebagian orang mungkin terkesan membosankan. Setiap hari harus berjibaku dengan kitab dan buku-buku hukum yang tebal. Tanpa ilustrasi, teks yang panjang, pasti membuat siapapun mudah mengantuk saat membuka beberapa lembar halaman buku. 

Biar tidak bosan saat belajar hukum, sebetulnya ada cara lain belajar hukum yang asyik. Melansir laman Quipper, ada 10 rekomendasi film dan drama untuk temani waktu senggang dan bantu meningkatkan mood belajar hukum.

Khusus untuk rekomendasi film, diambil dari daftar teratas The 25 Greatest Legal Movies yang dikeluarkan oleh abajournal.com. Apa saja daftarnya? Ini dia listnya:

1. To Kill A Mockingbird

To Kill A Mockingbird adalah film drama kriminal yang dirilis pada tahun 1962 di California yang disutradarai oleh Robert Mulligan.

Film ini diadaptasi dari novel yang judul sama dengan judul film yang menceritakan seorang pengacara Amerika bernama Atticus Finch yang membela seorang kulit hitam Amerika yang didakwa melakukan pelecehan seksual.

Film ini berhasil meraih penghargaan 3 oscar yaitu Best Actor in a Leading Role, Best Art Direction-Set Decoration, Black-and-White, dan Best Writing, Screenplay Based on Material from Another Medium.

2. 12 Angry Men

Film tentang hukum selanjutnya adalah 12 Angry Men. Film ini menceritakan tentang sekelompok juri yang sedang berdebat untuk menentukan apakah terdakwa pantas dinyatakan bersalah atau tidak. Terdakwa adalah seorang anak laki-laki asal Amerika Latin, dengan tuduhan telah melakukan pembunuhan terhadap ayahnya dengan cara menusuknya hingga tewas.

Dari 12 anggota juri yang berdebat, sebelas juri berpendapat bahwa anak tersebut bersalah dan hanya satu juri yang berpendapat bahwa anak tersebut tidak bersalah dan bersikeras untuk meyakinkan ke sebelas anggota juri lainnya.

Film ini diwarnai adu argumen yang berlandaskan aturan hukum antar juri sehingga menjadi tontonan menarik dan bernilai positif. Dari film ini setidaknya ada 5 hal positif yang bisa diambil, antara lain berpikir objektif, saling menghargai pendapat, bekerja serius, menghargai nyawa manusia, dan cara komunikasi yang baik.

3. My Cousin Vinny

Film ini mengisahkan tentang sebuah kasus hukum tetapi dengan gaya komedi. Seorang bernama Vinny Gambini yang harus maju bersidang untuk membela sepupunya yang terjerat kasus pembunuhan.

Vinny Gambini adalah seorang pengacara yang baru saja lulus ujian setelah beberapa kali gagal. Dengan pengalaman yang sangat minim, ia harus berusaha sekuat tenaga demi membebaskan sepupunya dari jeratan hukum. Dalam upayanya tersebut, Vinny dibantu oleh tunangannya yang bernama Mona Lisa untuk mengungkap fakta-fakta yang dapat menunjukkan bahwa tersangka tidak bersalah.

4. Anatomy of a Murder

Film Anatomy of a Murder diangkat dari sebuah novel yang ditulis oleh Robert Traver yang merupakan seorang Hakim Agung dan kisah di novel tersebut merupakan kasus real.

Film ini menceritakan tuduhan pembunuhan seorang bartender bernama Barney Quill yang dialamatkan kepada seorang letnan tentara bernama Frederick Manion.

Dalam pembelaannya, Frederick berdalih bahwa korban telah melakukan pelecehan seksual dan memukuli istrinya yang bernama Laura dan tentunya Laura mendukung pembelaan Frederick. Namun, tim forensik kepolisian tidak menemukan bukti sedikitpun jika Laura mengalami pelecehan seksual.

Dalam kasus ini, Frederick dibela oleh seorang pengacara bernama Paul Biegler. Paul menemukan fakta bahwa kliennya tersebut memiliki kepribadian yang posesif juga pencemburu, lalu istrinya juga memiliki kepribadian yang suka menggoda pria lain.

Seiring berjalannya waktu, Paul pun menyadari bahwa posisinya lemah sekalipun Frederick tetap membela diri dengan menyatakan tidak bersalah. Sekalipun demikian, Paul tetap bertindak secara profesional mencari bukti-bukti yang dapat menyelamatkan kliennya dari ancaman hukuman.

5. Inherit the Wind

Film ini diangkat dari kasus nyata dimana seorang guru ilmu pengetahuan alam ditangkap karena mengajarkan teori evolusi Darwin yang ketika itu masih terlarang dan larangan tersebut juga berkekuatan hukum.

Sepanjang film, kamu akan disuguhi perdebatan dan adu argumen yang sangat berbobot dan meyakinkan antara dua pengacara, yakni pengacara pembela yang tampil intelektual untuk menyelamatkan teori evolusi dan pengacara penuntut yang tampil secara karismatik dan religius.

6. Witness for the Prosecution

Film Witness for the Prosecution berkisah tentang seseorang bernama Leonard Vole yang dituduh melakukan pembunuhan atas seorang wanita tua nan kaya raya bernama Emily French. Dalam menjalani persidangan, Vole didampingi pengacara bernama Wilfrid Robert.

Hal yang paling mencengangkan selama persidangan adalah ketika istri Vole yang diundang sebagai saksi dan memberikan kesaksian palsu yang semakin memberatkan Vole. Film ini benar-benar menunjukkan tentang kejujuran, kebohongan, dan pengkhianatan yang dikemas dengan sangat baik. Ditambah lagi suguhan dialog yang cerdas dan ending yang unpredictable.

7. Breaker Morant

Film ini menceritakan tentang pengadilan militer yang dijalani oleh Letnan Harry Morant, George Witton, dan Peter Handcock karena tuduhan membunuh warga sipil tak bersenjata dan kombatan musuh yang ditangkap.

Dalam film, kamu akan menyaksikan beberapa peristiwa yang berhubungan dengan politik hukuman mati hingga korban perang yang dikisahkan dalam alur mundur.

8. Philadelphia

Film ini mengisahkan seorang pengacara bernama Andrew Becket yang bekerja di salah satu firma hukum terkenal. Ia adalah seorang homoseksual dan hidup bersama pasangannya Miguel Alvarez. Gaya hidupnya tersebut menyebabkan Andrew juga mengidap penyakit HIV/AIDS.

Keseruan di film ini bermula ketika Andrew diberhentikan dari firma hukum tempatnya bekerja karena dituduh tidak profesional dalam bekerja. Namun, ia meyakini jika pemecatan tersebut karena ia adalah seorang ODHA.

Karena hal tersebut, akhirnya Andrew menggugat firma hukum bekas tempatnya bekerja dan dia menjadi pengacara atas dirinya sendiri. Dalam proses pra-peradilan maupun peradilan, Andrew mengalami hal-hal diskriminatif dan hal itu menggugah Joe Miller untuk menjadi pengacaranya.

9. Erin Brockovich

Film ini mengisahkan Erin Brockovich yang merupakan seorang single parent yang memiliki tiga orang anak. Setiap hari Erin harus bekerja keras karena tidak memiliki pekerjaan tetap. Sampai akhirnya Erin melamar pekerjaan di kantor pengacara Ed Marsy dan diterima walaupun Erin tidak memiliki gelar ijazah.

Erin diberikan tugas untuk memeriksa dokumen kasus sebuah perusahaan besar yang ingin membeli rumah penduduk bernama Donna Jensen.

Dalam penyelidikannya, Erin menemukan fakta bahwa aktivitas perusahaan besar yang ingin membeli rumah penduduk tersebut menyebabkan air di kawasan tersebut terkontaminasi oleh zat berbahaya.

Berbekal fakta tersebut, Erin berusaha melengkapi keterangannya dengan dari tiap-tiap penduduk dan meluangkan waktunya untuk semakin mendalami kasus tersebut yang akhirnya membuahkan kemenangan.

10. Law School

Berbeda dengan sembilan film di atas, Law School merupakan seri televisi Korea Selatan, yang disutradarai oleh Kim Sok-Yun. Law School mengisahkan tentang perjuangan Han Joon Hwi, Kang Seol A, dan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Hankuk yang lain untuk mengungkap kematian dosen mereka yakni Profesor Seo Byung-Ju, serta mencari kebenaran dari kasus tersebut.

Secara umum Law School memberikan gambaran tentang drama yang terjadi pada sekolah hukum, hubungan antara profesor dan mahasiswa hukum, dan kasus-kasus hukum yang terjadi sehari-hari.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/08/08/082043871/kamu-mahasiswa-hukum-tonton-10-film-dan-drama-tentang-hukum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke