Salin Artikel

Mahasiswa, Ini 6 Tingkat Kemampuan Bahasa Inggris, Kamu di Level Mana?

KOMPAS.com - Salah satu bahasa asing yang wajib dikuasai adalah bahasa Inggris. Kemampuan bahasa Inggris menjadi sangat penting terlebih di era globalisasi seperti saat ini.

Selain itu, banyak sekali lowongan pekerjaan yang memberi syarat penguasaan bahasa Inggris. Banyak cara untuk belajar bahasa Inggris di luar pendidikan formal di sekolah.

Selain menunjang dalam proses mencari pekerjaan, kemampuan bahasa Inggris juga sangat berguna jika kamu berencana kuliah di luar negeri. Tahukah kamu bahwa ada berbagai level dalam bahasa Inggris.

Merangkum dari laman salah satu konsultan pendidikan di luar negeri, ICAN Education, Sabtu (6/11/2021), perlu diketahui bahwa bahasa Inggris memiliki dua level, yakni Beginner dan Intermediate. 

Level kemampuan bahasa Inggris

Kedua level ini juga terbagi menjadi 3 bagian. Setelah mengetahui berada di level mana, kamu bisa bergabung dalam kelas atau kursus bahasa Inggris dan mendapatkan pembelajaran yang tepat.

1. Beginner

Pada level Beginner, siswa dapat memahami dan menggunakan ungkapan sehari-hari. Biasanya siswa dapat memperkenalkan dirinya dan orang lain serta dapat bertanya dan menjawab pertanyaan tentang detail pribadi, seperti tempat tinggal, dan hal lainnya.

2. Elementary

Pada level ini, siswa bisa memahami kalimat dan ekspresi yang sering digunakan terkait dengan bidang paling relevan. Siswa juga dapat berkomunikasi dalam tugas sederhana dan rutin yang membutuhkan pertukaran informasi sederhana.

3. Intermediate

Pada level Intermediate, siswa dapat menghasilkan teks sederhana tentang topik yang mudah atau minat pribadi. Siswa juga dapat menggambarkan pengalaman dan peristiwa, mimpi, harapan dan ambisi.

4. Upper Intermediate

Siswa di level ini dapat memahami gagasan utama pada sebuah teks yang kompleks, termasuk diskusi teknis di bidang spesialisasinya. Kamu yang ada di level ini juga dapat berinteraksi dengan tingkat kefasihan yang sangat baik dengan penutur asli tanpa merasa khawatir.

5. Advanced

Siswa yang ada di level ini biasanya bisa memahami teks yang lebih panjang dan mengenali makna tersirat. Siswa juga dapat mengekspresikan dirinya dengan lancar dan spontan tanpa merasa tegang.

Pada level ini, siswa biasanya bisa menggunakan bahasa secara fleksibel dan efektif untuk tujuan sosial, akademik dan profesional. Selain itu, dapat juga menghasilkan teks jelas, terstruktur dengan baik, dan terperinci tentang subyek kompleks.

6. Proficiency

Pada level tertinggi kemampuan berbahasa Inggris, siswa sudah bisa memahami dengan mudah hampir semua yang didengar dan baca. Kamu juga bisa meringkas informasi dari berbagai sumber lisan dan tertulis. Siswa juga bisa mengekspresikan dirinya secara spontan, lancar dan tepat.

Aplikasi untuk belajar bahasa Inggris

Dengan kemajuan teknologi, belajar bahasa Inggris tidak hanya bisa diperoleh dari pendidikan formal saja. Kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris menggunakan aplikasi di smartphone. Beberapa aplikasinya adalah

  • Vocabulary Builder
  • ABA English
  • Mondly
  • Grammarly
  • Speak English Pictures

Selain menggunakan aplikasi, kamu juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris melalui channel YouTube.

Dengan memanfaatkan banyak media, bisa lebih mudah dalam mempelajari dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris untuk menunjang masa depanmu.

https://edukasi.kompas.com/read/2021/11/06/152553871/mahasiswa-ini-6-tingkat-kemampuan-bahasa-inggris-kamu-di-level-mana

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.