Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali Ciri-ciri Generasi Z, Kelebihan dan Kelemahannya

KOMPAS.com - Kamu pasti pernah mendengar istilah generasi baby boomer, generasi X, generasi milenial, generasi Z hingga generasi Alpha.

Istilah tersebut merupakan pembagian orang berdasarkan tahun kelahiran mereka. Generasi muda zaman sekarang masuk dalam generasi Z dan generasi milenial.

Lantas, apa itu generasi Z? Melansir dari laman Sampoerna University, generasi Z atau gen Z adalah seluruh generasi yang lahir dalam kurun waktu 1996 hingga 2012. 

Artinya, Gen z adalah generasi setelah milenial. Jadi, pada tahun 2022 ini, anak-anak yang berusia 9 hingga 26 tahun termasuk dalam gen Z.

Generasi Z ini memiliki keunggulan yakni mampu melakukan multitasking alias bisa melakukan berbagai kegiatan dalam satu waktu.

Misalnya menggunakan komputer, memainkan sosial media, dan mendengarkan musik dalam satu waktu yang sama. Hal ini disebabkan generasi Z telah menjumpai teknologi sejak lahir sehingga mampu mengaplikasikan teknologi dengan maksimal.

Karakteristik generasi Z

Gen Z memiliki beberapa karakteristik yang menunjukkan bahwa mereka adalah anak-anak dari era tersebut. Karakteristik yang paling terlihat dari generasi Z antara lain:

Kelebihan generasi Z

Sebagai generasi penerus bangsa, generasi Z ini memiliki beberapa kelebihan, seperti:

1. Pengetahuan yang luas karena mudahnya akses informasi.

2. Terbuka terhadap perkembangan yang ada.

3. Mempunyai motivasi yang tinggi.

4. Mampu melakukan berbagai aktivitas dalam satu waktu atau multitasking.

5. Cenderung lebih toleran karena terbuka terhadap segala sesuatu.

6. Tidak cepat berpuas diri.

7. Mempunyai keinginan untuk terus berkembang.

Kelemahan generasi Z

Namun demikian, generasi Z juga memiliki beberapa sejumlah kelemahan, antara lain:

1. Cenderung individualistis dan egosentris.

2. Tidak fokus terhadap satu hal.

3. Kurang menghargai proses atau lebih tertarik kepada hal-hal yang instan.

4. Lebih memprioritaskan uang.

5. Emosi yang cenderung labil.

6. Terlalu bergantung pada teknologi. Sehingga kesulitan ketika dihadapkan dengan hal-hal yang konvensional.

Dengan kelemahan yang dimiliki generasi Z, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kelemahan tersebut dapat diminimalisir, diantaranya adalah:

1. Mengawasi sosial media

Sebagai orangtua yang memiliki anak termasuk dalam generasi Z, perlu memiliki peran untuk mengawasi anaknya dalam melakukan aktivitas di media sosial. Orangtua bisa melakukan pengawasan secara langsung terhadap anak-anaknya agar tidak terlalu berlebihan dalam bermain media sosial.

2. Tetap berkomunikasi dengan orang lain

Karena dibiasakan berkomunikasi dengan media sosial, sosialisasi di kehidupan nyata generasi Z cenderung kurang. Sehingga orangtua perlu mendorong anak agar berkomunikasi secara langsung di dalam kehidupan sehari-hari.

3. Berbagi informasi

Generasi z disebut menjadi generasi yang mampu menguasai teknologi dengan cepat. Namun permasalahannya adalah terdapat kesenjangan keterampilan teknologi dengan generasi yang lainnya. Sehingga generasi Z juga harus bisa mentransfer ilmunya terhadap generasi-generasi lainnya dalam hal teknologi.

Itulah penjelasan mengenai generasi Z, karakteristik hingga kelebihan dan kelemahan generasi Z yang perlu diketahui siswa.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/08/08/154354771/kenali-ciri-ciri-generasi-z-kelebihan-dan-kelemahannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke