Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Tips Memilih Jurusan Kuliah bagi Calon Mahasiswa

KOMPAS.com - Tahun sudah berganti 2023. Bagi calon mahasiswa tentu harus segera menentukan pilihan jurusan kuliah apa yang akan diambil.

Karena jurusan kuliah ada banyak, maka kamu tidak bisa sembarangan dalam memilih jurusan kuliah. Belum lagi pilihan kampusnya.

Meski demikian, kamu harus memilih dengan tepat. Maka dari itu dibutuhkan tips memilih jurusan kuliah yang sesuai.

Melansir laman Gramedia Blog, berikut ini informasi mengenai tips memilih jurusan kuliah yang tepat.

Tips memilih jurusan kuliah

1. Kenali passion-mu

Kamu harus mengecek nilai yang paling bagus di sekolah. Dari situ, kamu bisa mencari jurusan kuliah yang sesuai atau berkaitan dengan nilai itu.

Alternatif lain ialah bisa melihat prestasi yang berhasil kamu raih di bidang lain selain pelajaran sekolah.

Misalnya, kamu berbakat menggambar, maka kamu bisa memilih jurusan yang berhubungan dengan gambar, seperti Desain Komunikasi Visual (DKV), Seni Rupa, dan lainnya.

2. Sesuaikan dengan kepribadian

Kepribadian memiliki peranan penting dalam menentukan jurusan kuliah kamu. Bahkan juga menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang sukses dalam bidangnya.

Contohnya, jika kamu berjiwa seni dan kreatif, kamu dapat memasukkan dua kepribadianmu tersebut ke dalam jurusan Desain Komunikasi Visual, hal ini juga berlaku untuk sifat lainnya.

3. Jangan pilih karena prospek finansial

Kini, kamu bisa menjadi apapun yang kamu mau selama mau memperjuangkannya. Karenanya jangan jadikan uang sebagai acuan.

Tetapi pendidikan ada untuk mengembangkan semua potensi dan kapasitas intelektual agar dapat berkembang sesuai dengan apa yang benar-benar kamu inginkan.

Pendidikan membuatmu dapat melihat masalah di sekelilingmu dengan cara yang lebih tepat, dan membuatmu bisa menyelesaikan hal itu dengan cara paling efisien.

4. Kenali problem lain

Adapun tips memilih jurusan kuliah lainnya ialah kamu harus melihat dari sisi lain dan bisa paham cara mengatasinya.

Contohnya ketika kamu telah memilih jurusan dan universitas. Setelah menggali semua hal tentang jurusan dan kampus tersebut, kamu harus tahu efek lain yang akan ditimbulkan, agar bisa bersiap untuk menghadapinya.

5. Jangan buru-buru tanya orang terdekat

Ada baiknya kamu pergi ke luar dan berbincang dengan banyak orang. Sebab ketika merasa sulit memutuskan atau ingin tahu lebih dalam mengenai jurusan yang dianggap tepat untukmu, tak ada salahnya untuk meminta saran dari orang yang lebih berpengalaman di bidang tersebut.

Selain karena mereka pernah menjalani bidang ini, mereka juga akan lebih paham mengenai prospek karir pada jurusan yang bersangkutan.

6. Ikut tes psikotes

Tentunya, Psikotes dapat menjadi salah satu referensi dalam menentukan jurusan kuliah yang cocok. Meski tak 100 persen efektif membaca potensi dan karakter, namun boleh dijadikan referensi untuk cara menentukan jurusan kuliah yang tepat.

7. Jangan ikut-ikutan teman

Hal yang paling penting lainnya ialah kamu jangan ikut-ikutan teman sekolah dalam memilih jurusan kuliah. Sebab, yang kuliah itu kamu sendiri bukan teman kamu.

Jika tidak sesuai dengan minat dan bakat, maka kamu akan kesulitan dalam mengikuti perkuliahan. Jadi jangan sampai salah pilih jurusan kuliah.

8. Kampus harus tepat

Terkadang ada perusahaan yang membuka lowongan kerja dengan embel-embel syarat perguruan tinggi tertentu. Meski tidak tertulis pun biasanya saat menyeleksi, alumni perguruan tinggi besar akan dijadikan prioritas.

Banyaknya pendahulu yang sudah masuk ke dunia kerja juga dapat membantu karir. Misalnya seorang lulusan baru yang sedang mencari kerja tak sengaja bertemu mantan kakak tingkatnya yang sudah bekerja.

Ada kemungkinan dia akan dibantu atau dicarikan koneksi. Karenanya sangat penting untuk memilih kampus yang tepat, sebab tentu sangat membanggakan jika kita menjadi lulusan dari sebuah universitas terbaik.

9. Lokasi dan biaya dipertimbangkan

Tentunya, lokasi kampus merupakan hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan, namun ini tidak akan menjadi masalah jika kamu memang telah siap sejak awal untuk kuliah jauh dari orang tua.

Jangan memilih kampus hanya karena lokasinya dekat dengan tempat tinggalmu, pilih universitas terbaik dengan jurusan yang sesuai minat.

Pertimbangkan juga biaya kuliah. Saat memilih jurusan, biaya kerap kali menjadi hambatan yang tidak bisa diabaikan.

Apalagi, jika kamu memilih untuk berkuliah di luar kota domisili sekarang. Tentu saja kamu akan membutuhkan lebih banyak biaya, baik itu untuk kos hingga kebutuhan sehari-hari lainnya.

10. Prospek kerja ke depan

Tentu, tips memilih jurusan kuliah yang tepat ialah mempertimbangkan prospek kerja ke depannya. Motivasi dalam diri wajib kamu gali terlebih dahulu sebelum memutuskan jurusan mana yang akan dipilih.

Karena, motivasi akan sangat membantumu dalam melewati segala halangan yang kemungkinan akan membuatmu malas berangkat kuliah, malas mengerjakan tugas, hingga pada akhirnya keluar dari kampus.

11. Pilih Diploma atau Sarjana

Sedangkan tips memilih jurusan kuliah yang terakhir ialah menentukan diploma atau sarjana. Tak ada yang lebih baik antara satu dengan yang lainnya, baik diploma atau sarjana keduanya memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing.

Tak perlu memaksakan diri untuk menjadi sarjana, jika memang karier yang dituju bisa diraih dengan ijazah diploma, hal ini juga berlaku sebaliknya.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/01/01/151346171/11-tips-memilih-jurusan-kuliah-bagi-calon-mahasiswa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke