Besok Presiden Resmikan Rel Ganda di Kutoarjo

Kompas.com - 21/01/2008, 13:00 WIB
Editor

PURWOREJO, SENIN - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono besok akan meresmikan operasional hasil pembangunan jalur rel ganda kereta api (KA) dari Stasiun KA Kutoarjo, Kabupaten Purworejo ke Yogyakarta.

Kepala PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi v Purwokerto, antara lain membawahi wilayah Purworejo, Noor Hamidi, di Purworejo, Senin (21/1), mengatakan, peresmian rencananya di Stasiun KA Kutoarjo, Selasa (22/1).

"Bapak Presiden setelah menghadiri acara di Yogyakarta, dengan rombongan naik mobil ke Kutoarjo untuk meresmikan, dan rencananya akan menumpang KA kembali ke Yogyakarta," katanya didampingi Humas PT KAI Daops V Supriadi, di sela memimpin persiapan penyambutan Presiden SBY di Stasiun KA Kutoarjo.

Jalur rel ganda Kutoarjo-Yogyakarta sekitar 64 kilometer itu dibangun Tahun 2004 hingga 2007 dengan dana sekitar Rp900 miliar atas bantuan Pemerintah Jepang kepada Indonesia melalui Japan Bank for International Cooperation.

Ia menjelaskan, pembangunan rel ganda ini untuk meningkatkan pelayanan perkeretaapian terutama di kawasan itu, mengurangi persilangan KA, dan menambah frekuensi lalu lintas KA.

"Selama ini kapasitas lalu lintas KA antara Kutoarjo-Yogyakarta sudah melebihi toleransi atau padat, dengan adanya rel ganda ini akan menjadi berkurang kapasitasnya dan pelayanan kepada masyarakat meningkat," katanya.

Presiden juga meresmikan operasional Depo KRL Depok wilayah PT KAI Devisi Jabotabek, di Stasiun Kutoarjo. "Nanti ada dua prasasti yang akan ditandatangani di sini, lalu ada ’teleconference’ dengan Depok," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah meresmikan operasional rel ganda, katanya, Presiden bersama rombongan menumpang kereta api menuju Yogyakarta. Pihaknya telah menyiapkan Kereta Luar Biasa (KLB) dengan standar kepresidenan yang akan membawa Presiden SBY dan rombongan kembali ke Yogyakarta.

Dia menjelaskan, pemerintah memiliki komitmen tinggi untuk mengembangkan pelayanan perkeretaapian antara lain melalui pembangunan rel ganda tersebut. Pada masa mendatang, katanya, diharapkan realisasi pembangunan rel ganda Kutoarjo-Kroya dan dilanjutkan hingga Prupuk, supaya pelayanan kereta api kepada masyarakat dapat lebih optimal.

"Kami mengharapkan pembangunan jalur ganda Kroya hingga Prupuk bisa terealisasi sehingga menekan keterlambatan dan meningkatkan keselamatan," kata Noor Hamidi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.