Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemenang Nobel Kesehatan Diskusi di Jakarta

Kompas.com - 03/03/2008, 08:22 WIB

 

 

Laporan wartawan Kompas Adhi Kusumaputra

JAKARTA, SENIN - Pemenang Hadiah Nobel di bidang Kesehatan tahun 2005, Prof Barry J Marshall AC hari Senin (3/3) pagi ini dijadwalkan hadir dalam diskusi bertajuk "Impacting Lives - Meet The Nobel Prize Winner Who Discovered Cure for a Disease that Affects 50% of The World's Population" di Hotel Aryaduta, Jakarta. Diskusi ini digelar oleh Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan (UPH), Siloam Hospitals dan Mochtar Riady Institute of Nanotechnology (MRIN).

Dalam diskusi ini hadir pula Founder MRIN DR Mochtar Riady, Dekan Fakultas Kedokteran UPH dr Eka J Wahjoepramoro, President MRIN Prof Susan Tai, dan CEO Siloam Hospitals Group dr Gershu Paul.

Barry J. Marshall dan J. Robin Warren pada tahun 1982 menemukan bakteri Helicobacter pylori, penyebab gangguan lambung. Mempengaruhi 50% dari populasi global, H.pylori dikenal sebagai penyebab infeksi paling kronis di dunia. Ini diakui sebagai penemuan terpenting dalam sejarah gastroenterology dan disandingkan dengan pengembangan vaksin polio dan eradikasi cacar. Atas penemuan bersejarah ini mereka dianugerahi Penghargaan Nobel bidang Kesehatan tahun 2005.

Corporate Public Relations & Events Coordinator Siloam Hospital Groups, Ingrid Lasmaria Septirani mengungkapkan pula, Prof Barry J Marshall pada hari Selasa (4/3) pagi besok, akan membawakan Grand Lecture bertajuk "The Excitement of Science and The Nobel Prize" di Grand Chapel, Gedun g C, UPH Lippo Karawaci, Tangerang.

Siang harinya, Barry J Marshall akan menggelar konferensi pers bertajuk "Helicobacter pylori: A Significant Discovery in Gastroenterology History" di Multipurpose Room Gedung C UPH. Acara itu akan dihadiri pula oleh Founder MRIN Mochtar Riady, Founder Yayasan Pelita Harapan James T Riady, dan pejabat Siloam Hospitals.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com