90 Kepala Sekolah Berstandar Internasional Kumpul di Jakarta

Kompas.com - 02/04/2008, 20:13 WIB
Editor


JAKARTA, SENIN--Sedikitnya 90 kepala sekolah dan calon kepala sekolah dari seluruh Indonesia yang mewakili sekolah-sekolah berstandar internasional, sekolah kejuruan dan sekolah luar biasa, akan menghadiri School Leadership Symposium, Kamis (3/4) di Hotel Atlet Century Park, Jakarta. Simposium kali ini merupakan bagian dari serial pelatihan school leadership program yang telah diadakan sejak Agustus 2007 - Maret 2008 dan sudah berlangsung empat kali, digelar di Makassar, Surabaya, Bandung dan Jakarta.

Lewat simposium kali ini diharapkan para peserta akan menyusun program tindak lanjut school leadership dan juga sebagai forum evaluasi mengenai hasil dari pelatihan. Melalui fasilitator Tom Whittingham dan Liz Townend dari South Gloucestershire Council, mereka akan merancang peranan pemimpin di sekolah melalui tiga area. Ketiga area itu meliputi peningkatan keterampilan kepemimpinan, mendukung pengembangan tehnik pengajaran secara kreatif (seperti penggunaan berbagai media dan teknologi dalam proses belajar mengajar) dan menyediakan kerangka kerja untuk memperkenalkan dimensi internasional dalam dunia sekolah.

School leadership merupakan komponen inti dari kegiatan British Council dalam mendukung pendidikan di Indonesia. Para kepala sekolah sebagai kelompok yang memiliki pengaruh dalam membentuk strategi serta peraturan di sekolah, para guru (sebagai kelompok yang dapat melakukan perubahan dalam pengembangan kurikulum dan materi pengajaran).

"School leadership program memiliki keunikan karena melibatkan seluruh aspek sekolah dan menawarkan kesempatan yang berharga bagi para kepala sekolah, guru dan siswa dari Indonesia dan Inggris untuk saling belajar dan bertukar pengalaman,” jelas Director Learning and Creativity, Christopher Palmer, dalam release yang dikirim ke Kompas.com.

Program ini terlaksana atas inisisasi dari British Council bekerja sama dengan Direktorat Jendral PMPTK, UPT dan South Gloucestershire Council. Rencananya, simposium akan dibuka  Director British Council, Margaret Jack dan Director General Quality Improvement for Teacher and Education Personnel, Baedowi. (BEC)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.