Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

New Ford Focus 2008 Diluncurkan di Sentul

Kompas.com - 06/04/2008, 21:02 WIB

SENTUL, MINGGU –Mengambil tempat di Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (6/4), Ford Motor Indonesia (FMI) resmi meluncurkan New Ford Focus 2008. Melalui produk yang mendapat sentuhan pada bagian eksterior hingga terkesan lebih sporty dibanding pendahulunya, FMI optimistis akan mampu mempertahankan posisi ke tiga dalam pasar otomotif tanah air.

Direktur Marketing FMI Dany Tuilan mengatakan, meskipun masyarakat lebih mengenal Ford dengan produk-produk mobil besar, namun sesungguhnya di tahun 2007 Focus sukses meraih 60 persen pasar mobil penumpang di Tanah Air, untuk kendaraan di luar produk Jepang.

Berangkat dari kesuksesan itu, Ford meluncurkan salah satu dari tiga varian Focus terbarunya, yakni New Focus 1.8 liter 5 door- Comfort, dengan transmisi automatic (AT) di Indonesia. Mobil ini dilengkapi dengan Crumple Zone, yakni fitur pengaman di mana zona benturan pada ruang mesin menyerap efek tabrakan, sehingga meminimalkan kerusakan di kabin penumpang. Selain itu, ada pula kelengkapan sensor parkir, yang membantu pengemudi saat melakukan parkir mundur agar terhindar dari benturan.

Mobil seharga Rp 211,5 juta ini pun dilengkapi dengan Engine Immobilizer, yakni satu fitur kunci magnetic, sehingga mobil tak bisa dihidupkan jika tak menggunakan kunci asli. Keamanan kendaraan ini juga disempurnakan dengan Intelligent Protection System, yang bekerja saat keadaan darurat. Sensor benturan yang ada di sekeliling kendaraan menyampaikan “pesan” pada Advance Restraints Module (ARM) bilamana fitur ini harus bekerja.

Dalam keadaan darurat berupa benturan hebat, Anti-Intrusion Clutch dan Brake Pedals akan patah, untuk mengurangi dampak benturan pada pengemudi. Layaknya mobil yang memiliki kelengkapan piranti keselamatan, New Focus pun memiliki system pengereman ABS-EBD, yang mampu membantu pengemudi mengontrol kendaraan pada saat pengereman ekstrim.

"Berdasarkan pengalaman dan input, akhirnya dibentuklah kendaraan dengan kaki-kaki, body, leading steering, handling, dan braking yang penuh perhitungan. Seorang pembalap yang ikut dalam Ford Focus Touring Car Championship 2008 hari ini, mengatakan saat menggunakan New Ford dia bisa berbelok di jalan umum bertikungan tajam dengan kecepatan di 120 kilometer per jam. Padahal, dengan mobil biasa, hanya bisa menggunakan kecepatam 80 kilometer per jam,” ujar Dany.

Pada bagian eksterior, Ford melakukan sejumlah perbaikan pada beberapa bagian untuk menambah kesan sporty. Bumper depan yang asalnya terdiri dari dua garis, saat ini hanya satu garis, begitu pula dengan bumper belakang. Kaca spion juga dilengkapi lampu sign yang sporty. Sementara untuk interiornya pun diubah menjadi lebih dinamis dengan sentuhan warna bezel.

Sama seperti Ford Focus keluaran sebelumnya, mobil ini disiapkan sebagai mobil berbahan bakar yang ramah lingkungan untuk Indonesia. Sebab, selain menggunakan bensin sebagai bahan bakar, mobil jenis c-car ini juga dapat menggunakan bahan bakar bio-ethanol 20 persen (E20).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com