Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karyawan Ford "Wajib" Lembur Hingga Akhir Tahun

Kompas.com - 16/04/2008, 12:44 WIB

Memacu angka penjualan selalu menjadi isu besar yang dikejar oleh para produsen kendaraaan di seluruh belahan dunia. Hal itu pula yang terjadi di Amerika Serikat. Pabrikan lokal Ford dengan varian terbarunya, Focus, mematok target 245 ribu unit hingga akhir 2008.

Untuk mencapai angka penjualan itu, seluruh karyawan pabrik Wayne --tempat perakitan Focus-- harus bekerja lembur dan juga masuk pada hari Sabtu, hingga akhir tahun. Dengan upaya keras itu diharapkan jumlah penjualan 191 ribu pada tahun 2007 silam bisa terlampaui.

Ford Focus sendiri mungkin bukan varian sedan terbaik di kelasnya, mengingat ketatnya pasar otomotif di AS. Namun kombinasi ideal antara harga jual dan konsumsi bahan bakar diyakini menyebabkan kendaraan tersebut menjadi pilihan.

Rencana percepatan produktifitas Focus diumumkan pihak Fors, Selasa lalu. Mereka menyatakan akan memacu produktifitas hingga 30 persen dari kapasitas produksi awal.  Berdasarkan data yang dirilis Ford, pabrik mobil yang bertempat di Michigan itu telah berhasil memasarkan lebih dari 49 ribu dalam tiga bulan sejak produk ini dipasarkan di Amerika Serikat. Artinya, ada peningkatan 23 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Di Indonesia, varian ini telah diluncurkan awal April lalu. Tapi hanya satu dari tiga varian Focus tersebut yang dipasarkan di Indonesia, yakni  New Focus 1.8 liter 5 door- Comfort. Mobil dengan transmisi automatic (AT) ini dijual dengan harga Rp 211,5 juta. (LEFTLANE/GLO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com