Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima PTN Laksanakan Ujian Masuk Bersama

Kompas.com - 27/05/2008, 03:00 WIB

Jakarta, Kompas - Tahun akademik 2008/2009, Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara atau P-SPMBN tidak menyelenggarakan tes untuk seleksi mahasiswa baru secara nasional. Namun, P-SPMBN mendapat kepercayaan dari rektor lima perguruan tinggi negeri untuk melakukan tes masuk bagi calon mahasiswa Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Sumatera Utara Medan, dan Universitas Hasanuddin Makassar.

”UMB (ujian masuk bersama) ini pasti banyak peminatnya,” kata Ketua P-SPMBN Asman Budi Santoso di Jakarta, Senin (26/5).

P-SPMBN menyelenggarakan tes dan memberi skor, sedangkan rektor akan menyeleksi dan menerima mahasiswa baru. P-SPMBN menyelenggarakan ujian dengan metode predictive yang akan memperkirakan keberhasilan studi calon mahasiswa baru di PTN serta calon mahasiswa pandai dan kurang. Metode unggulan dengan tingkat kepercayaan tinggi ini telah diterima sebagai tes utama dalam penerimaan mahasiswa baru di dunia dan khususnya Amerika Serikat.

Sesuai dengan keinginan PTN untuk mendapatkan siswa terpandai dari seluruh pelosok Tanah Air, telah dibuka akses yang luas. Dengan cara ini P-SPMBN membuka kesempatan yang sama, kompetitif, dan adil bagi semua lulusan SMA.

Harga formulir

Harga formulir pendaftaran untuk kelompok IPA/IPS Rp 175.000 dan IPC Rp 200.000. Peserta dapat melakukan pembayaran mulai 27 Mei-4 Juni 2008 di cabang BNI di seluruh Indonesia serta mengikuti UMB di kota Medan, Padang, Jakarta, Lampung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar. Bila diperlukan, akan disediakan tempat ujian seperti di Manado, Ambon, dan Jayapura.

Pendaftaran dilakukan di panitia lokal terdekat. Ujian tulis akan berlangsung 7-8 Juni 2008 dan pengumuman melalui media elektronik (website) 21 Juni 2008. Program studi IPA ada 123 dengan daya tampung 5.578 kursi dan IPS terdapat 136 program studi dengan daya tampung 5.094.

”Kami menyerahkan pelaksanaan tes kepada P-SPMB karena mereka telah memiliki perangkat. Kalau semua kami yang mengurus, pasti akan kewalahan,” kata Rektor Universitas Indonesia Gumilar R Somantri.

Selain melalui ujian masuk bersama, umumnya perguru- an tinggi negeri tersebut juga menggelar ujian masuk mela- lui beberapa jalur untuk menjaring calon mahasiswa baru. (LOK)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com