Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia People Carrier Terkini Honda

Kompas.com - 12/06/2008, 16:17 WIB

JAKARTA, KAMIS - PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai ATPM Honda  tengah melakukan studi terhadap people carrier 7-seater. Karena, sejak ditinggal Stream, Honda tidak punya jagoan untuk melawan deretan MPV terbaik tanah air, seperti Nissan Grand Livina atau Kijang Innova.

Jonfis Fandy, Director Marketing HPM seperti memberi sinyal pada awal tahun lalu dalam jumpa pers. Bahwa Honda bakal punya dan indikasi itu mungkin Honda Freed yang baru diluncurkan di Jepang akhir Mei lalu.

Majalah AutoBild memprediksi kalau Freed bakal digilai konsumen tanah air. Dasarnya, bentuk yang mungil, stylish namun mampu mengakomodasi budaya guyub masyarakat Indonesia. Diperkuat dengan sosok Freed sendiri kombinasi New Jazz dan MPV Stepwagon dengan garis-garis tajam dan nyaris bertabrakan di sekujur bodi, membuat penampilannya lebih atraktif dengan rata-rata people carrier yang dikenal.

Interior terbilang minimalis dengan dasbor hanya berupa satu tarikan garis. Untuk menciptakan lantai rata, tuas transmisi diletakkan pada dasabor dengan rem parkir mengadopsi model injak.

Soal kelegaan kabin, meski dengan dimensi 4,2 meter, Honda mengklaim Freed mampu membawa hingga delapan penumpang orang dewasa dengan nyaman. Bahkan pria setinggi 185 cm juga disebut-sebut takkan kesempitan saat duduk di jok belakang.

Kunci kelegaan kabin terletak pada konsep low flat floor seperti yang diterapkan pada Stepwagon. Tak lupa kehadiran tangki bensin dari plastik untuk menghemat ruang.

Di negeri asalnya, Honda menawarkan Freed dalam tiga versi, 5-seater dengan bagasi besar, 7-seater dan 8-seater. Untuk dua versi terakhir memiliki jok baris ketiga yang bisa dilipat ke samping.

Untuk mesin, Freed versi Jepang mengusung 1.496 cc 4 silinder i-VTEC berdaya 120 dk seperti digunakan pada Jazz dengan konsumsi bbm 16,4 km/l.

Ketika dikonfirmasi, HPM hnay menyebut bahwa pihaknya tengah mempelajari kemungkinan Freed di jual di tanah air. Karena di Jepang sendiri, Freed L package 8-seater dijual dengan harga Rp 178,6 juta) tak jauh beda dengan Fit RS yang dijual Rp 141 juta. Kalaupun jadi masuk, rentang harga tak jauh dari New Jazz dan Nissan Grand Livina. (Aditya P Siregar)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com