Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Antarmuka ITB Tampil dalam "Imagine Cup 2008"

Kompas.com - 04/07/2008, 15:34 WIB

Laporan wartawan Kompas Wisnu Nugroho A

PARIS, JUMAT-  Kompetisi final tingkat dunia Imagine Cup 2008 yang diselenggarakan Microsoft Corporation dimulai di Paris, Perancis, Jumat (4/7). Pembukaan kompetisi dilakukan Presiden Microsoft International Jean-Philippe Courtois di ruang utama Hotel de Ville yang dibangun pada masa keemasan zaman pencerahan.

Kompetisi tahunan keenam ini diawali dengan parade seluruh kompetitor yang berasal dari 61 negara tergabung dalam 122 tim dan terdiri dari 370 mahasiswa. Kompetisi dibagi dalam empat kategori yaitu technology solutions, Skill challenges, digital arts, dan achievement awards serta memperebutkan total hadiah 240.000 dollar Amerika Serikat.

"Imagine Cup menginspirasi para mahasiswa untuk menjawab tantangan-tantangan dunia dengan cara baru dan menyediakan solusi teknologi inovatif yang sungguh dapat mengubah dunia menjadi lebih baik. Kami berharap para mahasiswa menjadi wirausahawan di masa mendatang, berinovasi dan menciptakan lapangan pekerjaan seperti para finalis tahun-tahun sebelumnya," ujar Courtois saat pembukaan kompetisi. Imagine Cup 2008 mengambil tema bagaimana teknologi mampu menjawab problem kelangsungan lingkungan hidup.

Seperti kompetisi sebelumnya, Imagine Cup 2008 menantang orang muda untuk menampilkan imaginasinya, kecintaan, dan kreativitasnya terhadap inovasi teknologi yang membedakan dunia saat ini. "Akan ada banyak tekanan dan kesulitan dalam kompetisi, tetapi semua dilakukan dengan senang karena kecintaan kita pada inovasi teknologi," ujar finalis Imagine Cup 2006 asal Perancis, Vincent Bellet.

Bellet yang saat ini memilih bekerja di London, Inggris, menjelaskan, setelah mengikuti final Imagine Cup 2006, dirinya menerima lebih dari 50 tawaran pekerjaan dari perusahaan yang berbeda-beda. "Menjadi pemenang tingkat nasional di Prancis 2006 dan berkompetisi di tingkat dunia yang disponsori Microsoft menjadi pengalaman tak terlupakan dalam hidup saya," ujarnya.

Di antara 122 tim yang ikut dalam kompetisi final Imagine Cup 2008, Indonesia mengirim juara nasional Imagine Cup 2008 yaitu Tim Antarmuka dari Institut teknologi Bandung (ITB).Tim Antarmuka dengan piranti lunak "butterfly" ciptaannya akan ikut dalam dua kategori kompetesi yaitu technology solutions (desain piranti lunak) dan achievement awards (rural inovation).

Tim Antarmuka terdiri dari tiga mahasiswa Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB dan seorang mahasiswa fakultas senirupa dan desain ITB. Mereka adalah Arief Widiyasa, Ella Mardanella, Dimas Yusuf Danurwenda, dan Erga Ghaniya.

Mereka berkompetisi didampingi mentor Dwi Hendratmo Widyantoro, dosen STEI ITB. Butterfly adalah sistem pelaporan yang memungkinkan khalayak secara segera melaporkan persoalan yang mereka temui melalui telepon, sms, mms, aplikasi bergerak (mobile), dan web.

"Setelah mendapati laporan, sistem akan mengklasifikasi persoalan berdasarkan kategori dan kemendesakan untuk kemudian diteruskan laporannya ke otoritas berwenang untuk dapat ditangani persoalannya secara lokal," ujar Ella, juru bicara Tim Antarmuka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com