Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fahmi Idris Resmi Buka Pameran IIMS 2008

Kompas.com - 11/07/2008, 12:25 WIB

JAKARTA, JUMAT -  Menteri Perindustrian Fahmi Idris secara resmi telah membuka ajang tahunan pameran kendaraan bermotor bertaraf international, 16th Indonesia Motor Show, di Jakarta Convention Center, Jumat (11/7). Pameran yang bertajuk  Advanced Motoring, Hi-Quality Living itu berlangsung dari 11 - 20 Juli 2008 menjadi ajang unjuk kemampuan sekaligus informasi perkembangan industri otomotif di tanah air.

Hadir dalam pembukaan itu, Menteri Perdagangan, Marie Elka Pangestu, Menteri Lingkungan Hidup, Rachmat Witoelar dan Menteri Perhubungnan, Jusman Syafei Djamal. Sejumlah tokoh-tokoh otomotif serta perwakilan negara sahabat ikut hadir.

Dalam sambutannya, Fahmi mengapresiasi perkembangan industri otomotif tanah air yang dinilainya cukup menggembirakan. "Bagi pemerintah, industri otomotif berkembang dari waktu ke waktu dan mampu menampung tenaga kerja yang cukup besar. Industri oto memberi kontribusi bagi pembangunan, khususnya dari aspek pajak," kata Fahmi. Ke depannya, ia berharap ajang motor show bisa dikemas sebagai daerah tujuan wisata, seperti halnya yang terjadi di sejumlah negara di dunia. "Di berbagai negara, motor show sudah menjadi tujuan wisata, karena sudah ada agenda pastinya dan arus turisnya juga sangat tinggi. Ini perlu dicermati," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Panitia IIMS Johnny Darmawan memaparkan, The 16th IIMS ini diikuti oleh 139 perusahaan, dengan rincian 18 agen tunggal distributor kendaraan berbagai merek dan 121 peserta perusahaan pendukung otomotif, termasuk dari sektor usaha kecil dan menengah. "Pada IIMS tahun ini ditampilkan berbagai mobil ramah lingkungan dan yang menggunakan energi alternatif," kata Johny.Tema Advanced Motoring, Hi-Quality Living, kata Jhonny, sebagai bentuk komitmen para pelaku industri otomotif terhadap pelestarian dan bemtuk kepedulian terhadap lingkungan.

Sebelum membuka resmi pameran, dilakukan penyerahan Awards bagi lima daerah sebagai kota langit biru. Selesai Fahmi Idris melakukan pemukulan gong, dilanjutkan dengan penandatangan kerja sama untuk mewujudkan program langit biru (Blue Sky) di Indonesia. (ING)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com