Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proton dan Sang Primadona Gen 2 Persona

Kompas.com - 11/07/2008, 18:49 WIB

JAKARTA, JUMAT - Pesta akbar otomotif, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2008 gelaran Gaikindo dijadikan momentum oleh perusahaan mobil nasional Malaysia, Proton Holdings Berhad memperkenalkan produk dan teknologi yang dipakai pada produk mereka. Sekaligus juga meluncurkan produk barunya di Indonesia, Gen. 2 Persona, yang berarti sejak menjajakan kaki di Indonesia tahun lalu,  Proton telah menghadirkan lima model produknya. Padahal, usia bermain di market Indonesia terbilang belia (dimulai Maret 2007). 

Direktur Manajer Dato' Haji Syed Zainal Abidin Syed Mohd Tahir  yang didampingi perwakilan Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia YM Raja Reza Raja Zaib Shah.mengatakan, kehadiran Gen. 2 Persona melanjutkan keberhasilan produk-produk proton sebelumnya seperti Savvy, Gen. 2, Waja, dan Neo. "Sejak mulai masuk ke pasar Indonesia, produk kami telah diterima secara hangat oleh masyarakat dan menjadi perhatian kami untuk membangun persaudaraan yang kuat dengan Indonesia. Saya kira mobil ini masuk pada pasar yang tepat dengan harga yang tepat pula," ujar Syed Zainal di sela-sela acara pembukaan pameran stand Proton di Assembly Hall/ Balai Pertemuan JCC . Di area berukuran kurang lebih 20 meter x 40 meter, sembilan mobil dengan lima model (Lotus, Gen. 2, Neo, Gen. 2 Persona, dan Savvy) mewarnai booth Proton.

Menghadirkan  mobil yang hemat bahan bakar di kelasnya (1.600 cc) telah menjadi pertimbangan Proton memproduksinya lewat Persona dengan menggunakan mesin 1.6 Campro IAFM . Menempuh perjalanan sepanjang 100 km, Gen.2 Persona cuma menghabiskan 5,8 liter.

Peluncuran yang diselingi atraksi beberapa model cantik mendapat sambutan hangat pengunjung pameran. Syed Zainal mengatakan sejak mulai diluncurkan Agustus 2007, pemesanan di Malaysia  telah mencapai 45.000. Di Indonesia sendiri baru terjual 1.800 unit. Angka ini cukup fantastis. Tak heran Frost & Sullivan ASEAN Automotive Awards menjadikan mobil ini sebagai the Best Model of the Year for the 2008. Selain di negara asalnya, Gen. 2 Persona juga telah diluncurkan di Australia dan Inggris. "Kalau lihat komen-komen (tanggapan) dari media, mereka mengatakan mobil ini (Gen. 2 Persona) ada peningkatan dibandingkan produk-produk Proton sebelumnya," tuturnya.

Gen. 2 Persona dengan  interior lebih luas ditawarkan dengan harga mulai Rp 122 juta. Ada lima varian warna dan sampai akhir 2008  diharapkan total penjualan  mencapai 3.000 unit. Anda penasaran mengetahuinya lebih detil? Arena pameran kendaraan bermotor di Jakarta Convention Center (JCC) akan menjawabnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com