Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Beasiswa di Rusia, Anak Jatim Itu Pilih Amerika

Kompas.com - 27/07/2008, 11:36 WIB

SIDOARJO, MINGGU - V Jeremy Suhardi, pelajar Jawa Timur yang memperoleh medali perak dalam Olimpiade Kimia Internasioal di Hungaria, sebenarnya sudah mendapat beasiswa untuk kuliah di Rusia. Pasalnya, tahun lalu ia juga memperoleh medali dalam ajang yang sama di Rusia. Namun, Jeremy memilih kuliah di Amerika Serikat. 

"Dua medali dari ajang itu memudahkan Jeremy mendaftar di Departemen Kimia California Institute Of Technology (Amerika). Kalau kuliah di Rusia, harus menyiapkan waktu lebih lama untuk belajar bahasa. Kalau di Amerika, tinggal kuliah saja," ujar ayah Jeremy, Iwan Suhardi di Jawa Timur, Minggu (27/7).  Hari ini Jeremy tiba di Bandara Juanda. Ia satu-satunya pelajar Jatim yang meraih medali di ajang itu.

Ada tiga pelajar Indonesia meraih medali di ajang itu. Kelvin Anggara dari Medan meraih medali emas. Sementara Ariana Dwi Candra meraih medali perunggu. "Saya meraih perak dengan nomor urut 84 dari 162 penerima medali," ujarnya.

Olimpiade Kimia Internasional ke-40 digelar pada 13 Juli hingga 20 2008 Juli di Budapest, Hungaria. Indonesia mengirimkan tim yang terdiri dari peserta yang diseleksi dari pemenang Olimpiade Sains Nasional 2007 di Surabaya.

Perak Matematika

Selain Jeremy, pelajar Jatim juga menyumbang medali perak pada Olimpiade Matematika Internasional di Spanyol. Pelajar SMA Kolese St Yusuf Malang Andreas Dwi Maryanto meraih total nilai 23.

Nilai itu paling tinggi dibandingkan lima pelajar Indonesia lain di ajang tersebut. Sementara Aldiran Obaja Muis dan Fahmi Fuady meraih medali perunggu. Adapun Joseph Andreas hanya menerima penghargaan kehormatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com