Dapat Beasiswa di Rusia, Anak Jatim Itu Pilih Amerika

Kompas.com - 27/07/2008, 11:36 WIB
Editor

SIDOARJO, MINGGU - V Jeremy Suhardi, pelajar Jawa Timur yang memperoleh medali perak dalam Olimpiade Kimia Internasioal di Hungaria, sebenarnya sudah mendapat beasiswa untuk kuliah di Rusia. Pasalnya, tahun lalu ia juga memperoleh medali dalam ajang yang sama di Rusia. Namun, Jeremy memilih kuliah di Amerika Serikat. 

"Dua medali dari ajang itu memudahkan Jeremy mendaftar di Departemen Kimia California Institute Of Technology (Amerika). Kalau kuliah di Rusia, harus menyiapkan waktu lebih lama untuk belajar bahasa. Kalau di Amerika, tinggal kuliah saja," ujar ayah Jeremy, Iwan Suhardi di Jawa Timur, Minggu (27/7).  Hari ini Jeremy tiba di Bandara Juanda. Ia satu-satunya pelajar Jatim yang meraih medali di ajang itu.

Ada tiga pelajar Indonesia meraih medali di ajang itu. Kelvin Anggara dari Medan meraih medali emas. Sementara Ariana Dwi Candra meraih medali perunggu. "Saya meraih perak dengan nomor urut 84 dari 162 penerima medali," ujarnya.

Olimpiade Kimia Internasional ke-40 digelar pada 13 Juli hingga 20 2008 Juli di Budapest, Hungaria. Indonesia mengirimkan tim yang terdiri dari peserta yang diseleksi dari pemenang Olimpiade Sains Nasional 2007 di Surabaya.

Perak Matematika

Selain Jeremy, pelajar Jatim juga menyumbang medali perak pada Olimpiade Matematika Internasional di Spanyol. Pelajar SMA Kolese St Yusuf Malang Andreas Dwi Maryanto meraih total nilai 23.

Nilai itu paling tinggi dibandingkan lima pelajar Indonesia lain di ajang tersebut. Sementara Aldiran Obaja Muis dan Fahmi Fuady meraih medali perunggu. Adapun Joseph Andreas hanya menerima penghargaan kehormatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.