Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Depkeu Lelang Tiga Proyek Secara "Online"

Kompas.com - 01/08/2008, 10:57 WIB

Laporan Wartawan Kompas Orin Basuki

JAKARTA, JUMAT - Lelang pengadaan barang secara online atau elektronik akan digelar pertama kali di lingkungan Departemen Keuangan pada 12 Agustus 2008 terhadap tiga proyek pengadaan pengembangan infrastruktur jaringan komunikasi data. Lelang elektronik ini akan menjadi tren pengadaan barang dan jasa pada masa depan karena dipercaya dapat menghemat anggaran pemerintah.

Sekretaris Jenderal Departemen Keuangan Mulia Panusunan Nasution mengungkapkan hal tersebut di Jakarta, Jumat (1/8), seusai grand launching layanan pengadaan secara elektronis (E-Procurement) di lingkungan Departemen Keuangan (Depkeu).

Menurut Mulia, lelang perdana akan digelar untuk pengadaan pengembangan infrastruktur jaringan Komunikasi data di Direktorat Jenderal Pajak dalam bentuk pembelian perangkat dan sistem komputer di ditjen tersebut. Selanjutnya pada tahun ini juga akan dilanjutkan pada pengembangan infrastruktur jaringan komunikasi data di Ditjen Bea dan Cukai serta di Sekretariat Depkeu. Masing-masing proyek bernilai lebih dari Rp 10 miliar.

Namun, khusus untuk pengadaan pengembangan infrastruktur jaringan komunikasi data di Ditjen Pajak, nilai pagu anggaran yagn disediakan pemerintah mencapai Rp 13,4 miliar. "Itu akan menjadi percobaan dan nanti diharapkan akan ada pengembangan ke pengadaan-pengadaan barang dengan nilai nominal anggarannya lebih kecil. Bahkan, jika bisa untuk pengadaan yang hanya mencapai Rp 2 miliar," ujar Mulia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com