Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Roadster Yang Bersih dan Dinamis

Kompas.com - 01/08/2008, 16:38 WIB

JAKARTA, JUMAT - Model studi mobil sport beremisi rendah keluaran Honda dimunculkan di Inggris International Motor Show 2008 di London. Mobil roadster merupakan perwujudan dari konsep petinggi para insinyur Honda yang mendambakan mobil sport yang bergaya dan asyik dikendarai, tetapi juga bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan hidup.

Mobil yang diberi nama OSM, yang merupakan kependekan dari Open Study Model, mobil berpenumpang dua orang, akan bergabung dengan CR-Z Sport Hybrid yang sudah disetujui untuk diproduksi dan FCX Clarity mobil hidrogen fuel cell di stan Honda di London Motor Show 2008.

”Kami ingin menunjukkan bahwa mobil beremisi rendah juga dapat dibuat menarik,” kata Andreas Sittel, pemimpin proyek OSM. ”Tidak ada alasan mengapa sebuah mobil yang ramah lingkungan tidak dapat terlihat menarik, sporty, dan asyik dikendarai.”

Konsep dari proyek pembuatan mobil itu adalah ”Bersih dan Dinamis”, dan itu dijadikan landasan bagi desain eksterior dan interior Honda OSM itu. Tarikan garis dan lekukan bodi mengikuti aliran garis yang tidak terputus. Untuk tidak mengikuti konsep dashboard yang tradisional, Honda membaginya ke dalam dua bagian. Dan, instrumen-instrumen penting ditempatkan tepat di depan pandangan pengendara.

Tangkai persneling otomatik semi-sequential gear-shift points ditempatkan di tengah-tengah dan dipadukan dengan dua pedal kecil yang ditempatkan di setir. Dan, seperti mobil-mobil sport masa kini, Honda OSM menggunakan tombol on off engine.

Honda OSM didesain oleh fasilitas Penelitian dan Pengembangan Honda di Offenbach, Jerman. Sampai saat ini Honda OSM adalah model studi desain, dan belum ada rencana untuk memproduksi mobil itu. (JL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com