Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Borneo Jadi PTN

Kompas.com - 11/09/2008, 18:08 WIB

Laporan Wartawan Kompas Ambrosius Harto

SAMARINDA, KAMIS - Universitas Borneo di Kota Tarakan, Kalimantan Timur, akan berubah status dari swasta menjadi perguruan tinggi negeri. Perubahan itu tepat sebab kampus pada prinsipnya milik pemerintah daerah yang membiayai semua kebutuhannya.

"Departemen Pendidikan Nasional sudah setuju," kata Rektor Universitas Borneo (UB) Abdul Jabarsyah di Tarakan, Kamis (11/9). Belum diketahui kapan rencana itu akan terwujud. Namun, perubahan status mungkin selesai 2008 ini atau tahun depan.

Bila rencana itu terwujud, akan ada dua kampus negeri di Kaltim. Yang sudah ada ialah Universitas Mulawarman di Samarinda. "Dengan status baru nantinya, UB akan memenuhi kebutuhan pendidikan bagi kalangan mahasiswa dari Tarakan juga Kaltim bagian utara yakni Kabupaten Berau, Bulungan, Nunukan, Malinau, dan Tana Tidung. Kami akan bersaing dengan kampus-kampus terutama di Sabah, Malaysia," kata Jabarsyah.

Untuk meningkatkan mutu pendidikan, lanjut Jabarsyah, UB bekerjasama dengan perguruan tinggi di dalam negeri dan mancanegara. Di dalam negeri yakni Universitas Mulawarman sebagai pembina, tiga kampus di Jawa Timur yakni Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Universitas Airlangga di Surabaya, serta Universitas Brawijaya di Malang.

UB juga menjalin kerjasama dengan tiga perguruan tinggi di Malaysia yakni Universiti Malaysia Sabah, Universiti Industry Selangor, dan Universiti Kebangsaan. Satu lainnya dengan Nihon University di Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com