Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motif Kevlar Bikin Honda Jazz 2008 Sangar

Kompas.com - 27/10/2008, 16:15 WIB
Editor

Mahalnya body kit bikinan Mugen dan Modula tak harus sampai menunda hasrat Anda untuk memodifikasi Honda Jazz RS 2008. Lihat sedan hatchback - yang baru di launching tahun ini - milik Odry, patut diacungi jempol. Modifikasi hampir di semua sektor eksterior dan interior. Hasilnya, rapi jali.

Seperti bumper, Odry tidak minder tanpa diganti dengan punya Mugen atau Modula. Ia mempercayakan desain bumper standar dengan sedikit hiasan lampu kabut (fog lamp). Trus, pemasangannya, tinggal dibaut ke permukaan bumper dan sangat pas dengan kontur bumper RS yang memiliki talang ganda.
 
Coba perhatikan dari depan,  visualisasinya  hampir serupa dengan rancangan bumper Mugen RS. Dengan memakai yang standar,  penghematkan lumayan banyak karena bikinan Mugen RS berkisar Rp 2 juta per-piece-nya.

Yang bikin tongkrongan mobil jadi sangar, adanya nuansa karbon pada bodi yang berkelir putih. Seperti pada kap mesin dan sayap belakang. Walau replika, pemilihan perangkatnya yang berkualitas. Lagi-lagi penghematan bertambah, tanpa mengurangi bobot modifikasi.

Permainan motif karbon masih menjalar ke interior. Kebetulan Honda Kelapa Gading menawarkan paket dengan harga Rp 4 jutaan, menjadikan Honda Jazz RS 2008 ini kental dengan aura racing. Ditambah, ujung knalpot sudah diubah dengan moncong yang lebih besar.

Soal tenaga, memang Odry belum menyentuh secara maksimal. Baru mengandalkan Dastek Unichip tipe Q+, yang sudah terbukti beberapa kali terpasang di Jazz generasi kedua ini. Dengan mengusung E4 Mark. Dastek diklaim mampi menjabani mesin baru yang mendukung regulasi pembatasan,emiosi Euro4.

Menariknya, ada empat (4) settingan yang disesuaikan dengan jenis bahan bakar. Masing-masing dimulai dari Pertamax Plus Sport, Pertamax Plus, Pertamax Sport dan Pertamax. Trus, untuk bahan bakar yang mengandung sport mempunyai modul timing pengapian yang diatur agak signifikan untuk mendapatkan tenaga yang l;ebih baik dari standarnya.

Dan ketika dijajal, settingan diatur pada modul Pertamax Plus Sport. Tenaganya, sangat signifikan terasaa dari putaran bawah. Karakter drive-by-wire yang dikenal lemot, telah berkurang. Tak Cuma itu, ketika melakukan kick down tiba-tiba dan sedikit mengentak, tenaga mesin masih presisi memutar lingkar roda. (Rudy)

SPESIFIKASI:
Velg Volk Racing TE37 17x7,5 inci + cat time attack series, ban Yokohama S.Drive 205/45R17, lug nut Rays Engineering, per RS*R, kap mesin karbon replika, wing replika Mugen, emblem wing Mugen, cover fog lamp Modulo, fog lamp OEM, bohlam lampu depan NGA 6.000 K, bohlam fog lamp NGA 6.000 K, stop lamp OEM Honda Fit, muffler Kakimoto Racing, talang air Modulo, door handle back plate karbon Modulo, door sill plate, antena replika Spoon, piggyback Dastek Unichip Type Q+, klakson Hella, jok Recaro SR5, pedal set Sparco, interior + setir lapis karbon OEM, head unit Kenwood DDX8032BT, 2 set speaker Flux MC260, speaker tengah Kenwood KSC510 CTR, 2 sub Krone 10 inci, power monoblok MTX Thunder TC-6001, power Thunder 4 kanal TC-6004, cap bank Brax 1 F, TV tuner M2V, modul GPS Kenwood KNA G430, rear camera Kenwood

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+