Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatkan Momentum Obama

Kompas.com - 06/11/2008, 06:24 WIB

JAKARTA, KAMIS - Indonesia harus cepat memanfaatkan peluang-peluang ekonomi yang bakal timbul pascaterpilihnya Barack Obama sebagai Presiden Amerika Serikat. ”Dampak terpilihnya Obama tidak langsung terhadap ekonomi Indonesia, tetapi program yang dilancarkan Obama saat kampanye harus cepat direspons,” kata pengamat ekonomi, Aviliani, Rabu (5/11) di Jakarta.

Menurut Aviliani, janji Obama saat kampanye, seperti mengurangi agresi militer, diperkirakan dapat menurunkan defisit anggaran negara itu. ”Jika anggaran militer selama ini cukup besar berkurang, tentu AS kemungkinan bisa menurunkan jumlah impor minyak yang berakibat cadangan devisanya bisa meningkat,” kata Aviliani.

Dampak lanjutannya adalah harga minyak di pasar internasional diperkirakan lebih stabil karena AS merupakan salah satu negara yang membutuhkan energi dan bahan bakar minyak (BBM) dalam jumlah yang sangat besar.

”Bukan saja di AS, tingkat inflasi di seluruh negara di dunia termasuk Indonesia bisa jadi akan turun jika harga BBM dapat terkendali,” katanya.

Adapun kampanye Obama yang akan menurunkan pajak bagi orang miskin di AS akan memicu naiknya kembali daya beli masyarakat di negeri Paman Sam itu. ”Kalau daya beli warga AS meningkat, otomatis ekspor Indonesia juga akan kembali berpeluang untuk ditingkatkan,” tuturnya.

Hingga kini, AS merupakan tujuan ekspor terbesar produk-produk Indonesia selain ke Jepang, Singapura, dan sejumlah negara di Eropa.

Sementara dari sisi investasi, jika Obama berhasil mengembalikan kepercayaan masyarakat AS bahwa ekonomi negara itu bisa pulih, bukan tidak mungkin investasi AS ke Indonesia dan sejumlah negara berkembang akan pulih.

Harapan otoritas moneter

Terpilihnya Obama sebagai presiden ke-44 Amerika Serikat juga menguakkan harapan bagi otoritas moneter Indonesia. Mereka berharap Obama mampu memulihkan perekonomian negara adidaya tersebut.

”Saat ini, kita optimistis pemerintahan baru di bawah Obama akan realistis dan menolong pasar yang selama ini sudah kehilangan kendali sehingga membutuhkan intervensi pemerintah,” kata Direktur Penelitian dan Pengaturan Bank Indonesia Halim Alamsyah.

Menurut Halim, dengan terpilihnya Obama menjadi presiden, diharapkan mampu mengeluarkan kebijakan ekonomi AS yang lebih berani dan akan menolong perekonomian AS sendiri. Kebijakan tersebut nantinya akan memberi dampak positif bagi perekonomian global secara keseluruhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com