Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

280 Siswa Presentasikan 96 Naskah Karya Ilmiah Remaja Tingkat SMP

Kompas.com - 18/11/2008, 15:58 WIB

 

LAMONGAN, SELASA - Sebanyak 280 siswa SMP Negeri dan swasta se- Kabupaten Lamongan, berkompetisi saling asah kemampuan dalam ajang Lomba Karya Ilmiah Remaja 2008, Selasa (18/11) di SMP Negeri 2 Lamongan. Lomba ini diikuti 48 lembaga pendidikan SMP Negeri k arena diwajibkan, ditambah tiga lembaga pendidikan SMP swasta.

Kepala Subdinas Pendidikan Menengah Kejuruan Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, Muad mengatakan, sedikitnya ada 96 naskah yang telah disetorkan ke panitia dan akan dipresentasikan serta diuji oleh Dewan Juri. Pada Lomba Karya Ilmiah Remaja (KIR) tahun ini terdiri dari 40 naskah bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan, 44 naskah bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan 12 naskah bidang Ilmu Pengetahuan Teknik.

Naskah tersebut secara bergantian akan dipresentasikan langsung oleh tim terdiri tiga hingga empat siswa dihadapan panel juri, mulai Selasa (18/11) hingga Kamis (20/11) mendatang di babak penyisihan. Babak final Lomba KIR akan berlangsung pada 22 November mendatang. "Mereka berlomba untuk menjadi yang terbaik dan berkesempatan mewakili Lamongan di ajang yang lebih tinggi. Pada akhirnya nanti akan diambil lima karya ilmiah terbaik," katanya.

Karya terbaik pada Lomba KIR tingkat Kabupaten Lamongan akan diikutsertakan pada Lomba KIR di tingkat regional Jawa Timur, hingga nasional. Muad menjelaskan lomba karya ilmiah remaja merupakan agenda rutin Pemkab Lamongan untuk mencari generasi unggul Lamongan.  

Selama ini karya ilmiah sudah menjadi semacam ikon Lamongan. Beberapa siswa telah membawa harum nama Lamongan di ajang karya ilmiah. "Terakhir, pada Agustus lalu, Rozanah Cahya Kurniawati, siswi SMP Negeri 1 Babat berhasil menjadi juara I Nasional, Lomba Penelitian Ilmiah Remaja tingkat SMP/MTs 2008 yang diadakan Dinas Pendidikan Nasional," kata Muad mencontohkan.

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com