Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lomba Robot Tingkat SD Digelar di Mal Ciputra

Kompas.com - 27/12/2008, 17:29 WIB

JAKARTA, SABTU - Klub Robotik G-Com menyelenggarakan Lomba Kratif dan Inovatif Robot 2008 bagi siswa sekolah dasar di Mal Ciputra, Jakarta Barat, Sabtu (27/12). Lomba itu sendiri diikuti 50 anak dari berbagai sekolah dasar yang ada Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

"Lomba ini dalam rangka memperkenalkan teknologi robot kepada anak-anak karena basic membuat dan merakit robot tidaklah sulit seperti yang dibayangkan," ujar Lestari Ayu, Ketua Panitia Lomba Robot Tingkat SD di Jakarta, Sabtu (27/12).

Selain mengadakan lomba, Klub Robotik G-com juga menyelenggarakan ekstrakurikuler merakit dan membuat robot di sekolah-sekolah. G-com menyediakan layanan kelas ekstrakurikuler dari tingkat sekolah dasar hingga SMP dan SMA.

Dalam lomba robot tingkat SD ini, setiap peserta dalam lomba tersebut mendaftar secara perorangan dengan dikenakan biaya Rp100.000. Mereka kemudian dikelompokkan menjadi dalam beberapa tim. Setiap tim terdiri 3 orang anak yang ditentukan panitia. Peserta tidak harus sudah terampil merakit robot karena untuk setiap tim dibimbing oleh satu orang instruktur yang mengarahkan merakit dan memprogram di komputer dari klub robotik G-com.

Para peserta harus merakit, memprogram, serat menguji coba robot hasil kreasinya di dalam sebuah papan yang berisi lintasan beserta halangan yang berupa robot. Misalnya robot crane, traktor, dan trampolin sebanyak 7 rintangan. Tiap robot harus menempuh finis dengan melewati beberapa rintangan tersebut. Bagi robot yang berhasil menempuh mendaoat nilai 100 (sempurna).

"Membuat dan merakit robot itu sebenarnya enggak susah tapi karena aku baru menggelutinya jadi ada sedikit masalah penyesuaian dalam pemrograman robot di komputer," ujar Jessica (10) dari SD Negeri Perwira IV Bekasi Utara.

Selain itu, Jessica juga menuturkan mengikuti perlombaan semacam ini sangat menyenangkan. "Sebab bisa mendapat teman baru serta menambah wawasan dan pengetahuan," lanjut Jessica.

Sejauh ini, baru Jessica dan timnya yang sudah berhasil meraih nilai sempurna. Namun, mereka harus melewati babak kedua yang akan berlangsung hingga sore ini untuk menentukan pemenang.

Untuk pemenang juara pertama akan diberi hadiah seperangkat basic aircraft beserta uang tuani sebesar Rp1,5 juta. Juara kedua mendapat basic crane ditambah uang tunai Rp900 ribu. Juara ketiga mendapat basic tractor dan uang tunai sebasar Rp600 ribu. Sedangkan harapan 1 dan 2 masing-masing mendapat uang tunai Rp300.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com