Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Buka Jalur Ujian Mandiri

Kompas.com - 08/01/2009, 03:00 WIB

Jakarta, Kompas - Universitas Indonesia membuka satu jalur masuk lagi bagi calon mahasiswa baru. Pendaftaran masuk melalui ujian seleksi yang dilaksanakan UI tersebut dibuka pendaftarannya mulai 19 Januari 2009.

Sekitar 56 persen calon mahasiswa baru UI program sarjana akan diterima melalui jalur masuk bernama seleksi masuk Universitas Indonesia atau SIMAK UI. Selebihnya, penerimaan melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau SNM PTN sekitar 5 persen, ujian masuk bersama sebesar 5 persen dan selebihnya lewat kerja sama daerah dan industri, jalur prestasi dan akademik. Setiap tahunnya UI menerima sekitar 5.000 mahasiswa baru program sarjana.

Rektor UI Gumilar Rusliwa Soemantri mengatakan, Selasa (6/1), lebih awalnya penerimaan lewat jalur tersebut bukan lantaran persaingan penerimaan mahasiswa baru, melainkan agar mahasiswa baru nantinya dapat mengikuti masa orientasi dan internalisasi cara belajar di perguruan tinggi itu dengan lebih awal.

Gumilar mengatakan, biaya pendidikan di UI tahun 2009 tidak berbeda dari tahun sebelumnya. Tidak ada perbedaan biaya pula antara mahasiswa yang masuk lewat jalur SIMAK dan jalur lainnya untuk program S-1 reguler.

Biaya kuliah per semester Rp 100.000 hingga Rp 7,5 juta, sedangkan biaya sumbangan awal Rp 0-Rp 25 juta yang hanya dibayarkan sekali ketika masuk. Biaya semesteran dan uang pangkal tersebut tergantung dari jurusan yang diambil dan kemampuan ekonomi calon mahasiswa.

Model penerimaan lewat SIMAK UI yang merupakan ujian seleksi terpadu masuk UI tersebut diberlakukan untuk penerimaan di seluruh program pendidikan yang ada di UI.

Untuk program S-1, pendaftaran secara online dan dibuka pada 19 Januari hingga 19 Februari 2009. Adapun ujian seleksi diselenggarakan pada 1 Maret 2009. Informasi lengkap dapat dilihat di http://penerimaan.ui.ac.id. (INE)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com